Home Teknologi

Perangkat PABX dan PBX, Berbedakah?

Ini, perbedaan antara perangkat pabx dan pbx

191
0
SHARE

Mungkin, selama ini Anda mengira jika perangkat PABX sekaligus PABX memiliki kesamaan, dimana sama-sama dijadikan sebagai alat untuk penyambung sistem telepon baik di gedung, perusahaan, sekolah, rumah, dan tempat lainnya. Namun, tahukah Anda, bila sebenarnya kedua perangkat ini memiliki banyak perbedaan? Meski, berperan penting dalam menyambungkan jaringan telepon, namun nyatanya baik sistem telepon PABX maupun PBX ternyata tidak mempunyai kemiripan fungsi.

sistem telepon pabx
source : mother.uk.net

Berikut ini beberapa perbedaan yang menandakan jika perangkat PABX maupun PBX memiliki fungsi yang berbeda. Simak, deh!

  1. PABX. PABX atau dikenal dengan istilah private automatic branch exchange merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk pemusatan jaringan telepon yang terdapat di kantor, perusahaan, gedung, dan lainnya. Biasanya, perangkat satu ini berperan penting untuk mengatur semua panggilan yang masuk ke telepon dan dengan mudahnya akan langsung diteruskan ke nomor tujuan. Sehingga, apabila Anda berniat untuk memanfaatkan perangkat ini, Anda tinggal menekan nomor tujuan, nantinya akan langsung terhubung dengan nomor tujuan.

Dan yang paling membedakannya, di dalam perangkat PABX ini terdapat banyak sambungan kabel yang langsung disambungkan ke jaringan switchboard, inilah yang menjadi penyebab kenapa terdapat istilah branch dalam PABX ini. Selain itu, karena ditambahkan dengan teknologi super canggih, perangkat PABX ini tidak hanya dapat digunakan sebagai alat untuk sistem telepon, namun dapat pula dijadikan sebagai mesin fax, modem, sekaligus media komunikasi internal karyawan di perkantoran. Itulah mengapa penting menggunakan telepon PABX di kantor.

  1. PBX. Sedangkan, untuk perangkat PBX dapat diartikan sebagai salah satu perangkat yang menyediakan berbagai panggilan telepon dengan memanfaatkan jaringan data IP. Semua pembicaraan yang dilakukan di dalam telepon akan langsung disambungkan ke paket data melalui sebuah jaringan. Sehingga, akan semakin mempermudah pengguna saat menggunakannya.

Menariknya lagi, perangkat PBX ini dapat dihubungkan langsung dengan PTSN tradisional menggunakan Gateway Voip, sehingga perusahaan pun masih tetap dapat memakai nomor telepon biasa atau reguler. Selain itu, perangkat PBX ini pun tidak memerlukan kabel seperti halnya perangkat PABX, lantaran memang sambungan telepon yang didapatkan langsung diolah oleh sistem jaringan paket data.

Gimana? Sudah tau kan sekarang jika perangkat PABX dan PBX memiliki banyak perbedaan? –SH–