Home Tips & Trick

Jangan Lewatkan Proses Ini Agar Alat Berat Lebih Optimal

Agar umur spare part alat berat lebih panjang, maka perlu dilakukan perawatan secara rutin. Gimana ya cara merawatnya? Simak di kelanjutan di artikel ini, ya!

435
0
SHARE

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memastikan alat berat yang Anda miliki berfungsi secara optimal. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan spare part. Ya, sebagai salah satu komponen kunci, spare part alat berat memang harus lebih diperhatikan lagi proses perawatannya. Pasalnya, dengan perawatan yang tepat, umur pakai spare part akan lebih panjang dan kinerja alat berat pun akan lebih optimal.

perawatan alat berat
source : Google

Lantas, apa saja proses perawatan yang perlu dilewati oleh spare part ini? Berikut daftarnya:

  1. Pemeriksaan secara teratur. Luangkan waktu untuk melakukan pemeriksaan rutin pada alat berat Anda, termasuk spare part. Hal ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi tanda-tanda keausan, kebocoran, atau kerusakan. Tahap pemeriksaan ini biasanya meliputi pembersihan area spare part, pelumasan, dan juga pengecekan beberapa pengait alat berat seperti baut, mur, dan komponen lainnya untuk memastikan semua berfungsi secara normal.
  2. Ganti secara rutin. Tak berbeda dengan perawatan spare part kendaraan bermotor pada umumnya, spare part alat berat pun perlu penggantian secara rutin. Untuk itu, jangan lupa mengikuti jadwal penggantian spare part yang sudah direkomendasikan, seperti mengganti suku cadang yang aus, filter udara, filter bahan bakar, sampai pelumas.
  3. Pilih suku cadang asli. Selain mengganti spare part secara rutin, poin yang perlu diperhatikan adalah memastikan alat berat Anda untuk selalu menggunakan suku cadang yang asli, baik saat proses penggantian atau perbaikan. Suku cadang yang asli sudah pasti terjamin dan kompatibel dengan spesifikasi mesin alat berat Anda, dengan demikian risiko kerusakan sudah pasti akan lebih rendah. Tak hanya itu, penggunaan suku cadang asli juga dapat membantu Anda memastikan kinerja optimal alat berat dan mencegah masalah yang mungkin timbul akibat suku cadang palsu.
  4. Catat setiap tanggal servis dan penggantian. Masih berhubungan dengan poin di atas, jangan lupa untuk selalu melabeli atau mencatat setiap tanggal penggantian terakhir serta riwayat perawatan spare part. Hal ini dimaksudkan untuk memantau penggunaan dan juga kondisi setiap spare part di alat berat Anda.
  5. Ikuti petunjuk manual. Selalu ikuti petunjuk manual yang disediakan oleh produsen alat berat untuk perawatan dan penggantian spare part. Pasalnya, hal ini akan membantu Anda dalam merawat spare part dengan benar sesuai dengan spesifikasi dan rekomendasi produsen.
  6. Konsultasi dengan ahli. Terakhir, jika Anda tidak yakin tentang pemeliharaan atau penggantian spare part tertentu, konsultasikan dengan teknisi ahli atau produsen untuk mendapatkan saran yang tepat.

Itu dia beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan kondisi spare part alat berat Anda selalu dalam kondisi prima. Seperti yang sudah diketahui bersama, perawatan yang tepat dapat membantu mencegah kegagalan komponen dan mengurangi risiko downtime yang tidak direncanakan.

Nah, untuk mempermudah proses ini, biasanya produsen alat berat sudah memiliki komitmen tersendiri untuk para pelanggannya dengan menyediakan layanan pemeliharaan preventif. Seperti Kobexindo, misalnya, yang hanya menggunakan suku cadang asli serta menjamin kemampuan jangka panjang dan ketersediaan alat beratnya.

Semoga bermanfaat, ya!