Home Berita

Lakukan Cara Ini, Jika Ingin Memperoleh Banyak ASI!

Mau memperoleh banyak ASI, coba deh Bunda melakukan beberapa cara ini!

224
0
SHARE

Salah satu hal yang menjadi permasalahan pokok bagi seorang ibu menyusui adalah berkurangnya asupan produksi ASI. Ketika produksi ASI ini sudah berkurang, tentu saja bisa membuat asupan gizi untuk si buah hati akan semakin berkurang. Sehingga, membuat para ibu menyusui pun terpaksa memberikan susu formula kemasan kepada si bayi, yang bertujuan supaya nutrisi sang bayi tetap terpenuhi. Padahal, sebenarnya jika si ibu mengonsumsi minuman pelancar ASI sekaligus memakan makanan yang mengandung banyak serat dan nutrisi, malah tidak akan mengurangi produksi ASI pada si ibu.

minuman pelancar ASI
source : google

Untuk itu, supaya menghindari agar produksi ASI tidak berkurang dan tetap memperoleh banyak ASI, maka sebaiknya para ibu menyusui melakukan beberapa cara ini. Mari, langsung disimak ulasannya!

  1. Mengonsumsi makanan yang bergizi. Supaya produksi ASI lebih banyak daripada biasanya dan tidak pernah berkurang, ada baiknya para ibu menyusui selalu mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah-buahan yang baik pada masa hamil, serta sayuran seperti pepaya, wortel, katuk, beras merah, dan bayam. Dengan mengonsumsi makanan bergizi ini, terbukti mampu menaikkan produksi ASI pada ibu menyusui, sehingga ASI yang akan dikonsumsi sang buah hati pun tidak akan berkurang bahkan habis sekalipun.
  2. Memperbanyak konsumsi air putih. Memperbanyak konsumsi air putih atau setidaknya meminum delapan gelas air putih dalam sehari dapat mengurangi terjadinya dehidrasi kepada sang ibu. Selain itu, dengan memperbanyak meminum air putih ini mampu pula meningkatkan jumlah produksi ASI pada ibu menyusui, dikarenakan si ibu tidak kekurangan cairan yang bisa menimbulkan stress berlebih.
  3. Tidak merokok selama anak masih menyusui. Sangat jelas kita ketahui, merokok memang dapat membahayakan kesehatan, apalagi dihisap pada saat menyusui sang buah hati. Untuk itu, agar bayi yang disusui tidak terkena bahaya dari rokok, ada baiknya ketika menyusui tidak mengonsumsi rokok ini. Tidak hanya membahayakan, tetap merokok saat menyusui pun berdampak pada berkurangnya produksi ASI. Oleh sebab itu, supaya produksi ASI tidak terganggu, janganlah merokok selama anak masih menyusui.
  4. Selalu berolahraga dan istirahat yang cukup. Biasanya, dengan selalu berolahraga secara rutin dan istirahat yang cukup dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Maka dari itu, bagi yang ingin memperoleh banyak ASI, ada baiknya selalu olahraga apabila terdapat waktu senggang dan mengistiratkan tubuh jika sudah terasa lelah.

Nah, demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan, apabila ingin memperoleh banyak ASI. –SH–