Home Berita

Pentingkah Meminum Susu Saat Kehamilan

Penting gak sih meminum susu untuk ibu hamil? Cari tau jawabannya disini!

255
0
SHARE

Bagi seorang istri, mendapatkan berita bahwa dirinya sedang mengandung adalah hal yang sangat membahagiakan. Apalagi, jika usia pernikahan sudah cukup lama. Kehadiran seorang anak pastilah sudah sangat diharapkan. Sebab itulah, begitu mendengar berita membahagiakan ini, banyak sekali calon orangtua yang langsung menyiapkan berbagai hal, salah satunya yaitu mencari susu ibu hamil terbaik untuk dikonsumsi sang calon ibu.

susu ibu hamil
source : google

Namun, ketika mencari informasi di internet, ibu hamil seringkali dibuat bingung. Sebenarnya, penting nggak sih meminum susu saat kehamilan? Apalagi, ada beberapa dokter yang tidak menyarankannya, namun ada juga yang justru menyarankannya. Bahkan ada juga dokter yang menyarankan untuk meminum susu pada masa persiapan kehamilan. Tentunya bunda tidak mau dong salah mengambil langkah yang nantinya dapat berdampak negatif untuk kesehatan ibu hamil dan anak dalam kandungan.

Nah, untuk ibu hamil yang saat ini sedang bingung, sebenarnya ada jawaban sederhana untuk pertanyaan ini, yaitu penting atau tidaknya tergantung pada kondisi kesehatan sang ibu hamil. Pada dasarnya, susu mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh bunda dan janin. Dari mulai protein, kalsium, Vitamin D, Kalori, Zat Besi, dan berbagai nutrisi lainnya. Namun sebenarnya, semua nutrisi ini dapat terpenuhi jika ibu hamil dapat mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung semua nutrisi ini dalam jumlah yang seimbang.

Sayangnya, pada beberapa kondisi, seringkali ibu hamil mengalami masalah pada nafsu makan. Ada yang hanya bisa makan beberapa jenis makanan, dan akan merasa mual jika mengonsumsi jenis makanan tertentu. Jangankan memakannya, baru melihatnya saja, perut sudah mulai berontak. Nah, dalam kondisi seperti inilah, mengonsumsi susu akan sangat penting dan dibutuhkan oleh sang ibu selama masa kehamilan. Setidaknya, melalui susu inilah berbagai nutrisi yang tidak terpenuhi dari makanan dapat dilengkapi.

Namun, ibu hamil juga tidak bisa begitu saja menyerahkan pemenuhan kebutuhan nutrisi pada susu ibu hamil. Ada baiknya, jika berusaha untuk memenuhi semua nutrisi tersebut secara alami, karena itu akan lebih menyehatkan bagi ibu dan janin. Selain itu, agar mendapatkan hasil terbaik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, akan lebih baik jika dikonsultasikan dengan dokter kandungan. Khususnya, jika ibu hamil merasa ada yang kurang nyaman setelah mengonsumsi susu, karena mungkin saja ada kandungan dalam susu yang kurang sesuai untuk tubuh, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.  (Vita)