Home Teknologi

Komponen Database yang Perlu Dipahami Pemula

Apa itu database? Mari, kita cari tau jawabannya di artikel berikut ini!

135
0
SHARE
database dan komponennya
source : mazxmanroe

Ingin terjun ke dunia sistem basis data tapi bingung harus mulai dari mana? Sebelum melangkah jauh dan menggunakan data storage yang kompleks seperti IBM storage server Indonesia, sebaiknya pahami dulu konsep dasar sistem database. Nah, di bawah ini Anda akan mengetahui lebih lanjut mengenai database dan komponen dasarnya.

Apa itu database?

Database merupakan kumpulan data yang saling berelasi. Umumnya database ini berbentuk table yang di dalamnya terdapat beberapa record sejenis. Record ini terdiri dari beberapa field yang saling berhubungan.

Database memiliki beberapa kriteria, salah satunya adalah data oriented. Maksudnya, data-data di dalam database dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa harus mengubahnya. Justru prinsip utama database adalah pengaturan data yang fleksibel dan mudah diakses. Hal ini ditujukan agar database dapat dikembangkan dengan mudah dan memenuhi kebutuhan sistem-sistem baru.

Komponen sistem database

Nah, selanjutnya mari kita bahas komponen dasar yang membentuk kesatuan database. Database terdiri dari lima komponen dasar, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Hardware

Dalam sistem database, hardware berupa komputer digunakan untuk sistem stand alone, network, penyimpanan, dan juga untuk perangkat komunikasi.

  • Operating system (OS)

OS merupakan program yang menjalankan sistem komputer dan mengendalikan seluruh sumber daya dalam komputer. Misalnya seperti pengelolaan file dan operasi dasar lainnya. OS terdapat berbagai macam, seperti UNIX, LINUX, Mac OS, Microsoft DOS, dan Microsoft Windows.

  • Database

Nah seperti yang telah dijelaskan, database sendiri merupakan kumpulan data yang terorganisasi, mudah disimpan dan dikelola. Perlu diketahui, sebuah sistem database dapat memiliki beberapa database.

  • Database Management System (DMS)

Supaya mudah, untuk mengelola database diperlukan suatu aplikasi yang disebut dengan Database Management System (DBMS). DBMS merupakan software yang berisi kumpulan data dan program untuk mengakses data. Dengan DBMS, data dapat dikelola, disimpan, diubah, dan di-restore.

  • User

Tentunya semua komponen di atas tak akan berjalan tanpa adanya user. User merupakan pengguna yang mengelola database. User digolongkan dalam beberapa kategori, yakni program aplikasi, pengguna umum, pengguna khusus, dan pengguna mahir.

Nah, itu dia penjelasan mengenai komponen database secara sederhana. Semoga mudah untuk dimengerti!

LEAVE A REPLY