Home Berita

5 Jenis Aktivitas Fisik yang Menyenangkan untuk Balita

Aktivitas fisik ini ampuh menyenangkan balita. Simak, yuk!

98
0
SHARE
aktivitas menyenangkan untuk balita
source : google

Meskipun balita cenderung aktif, tak semua aktivitas atau olahraga fisik disukai oleh mereka. Biasanya untuk menarik mereka melakukan aktivitas fisik, tak jarang orangtua mengajak ke tempat bermain anak dan keluarga. Sebab di sana, mereka dapat melakukan berbagai gerakan olahraga tanpa sadar saat bermain. Selain menyenangkan, anak juga bisa memperoleh manfaat kesehatan dan tumbuh kembang dari olahraga. Namun, tak mungkin kan, jika setiap hari Anda harus mengajaknya ke tempat bermain hanya agar  mereka melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan? Nah, ini dia beberapa jenis aktivitas fisik yang juga sesuai untuk balita.

  • Menari dan bernyanyi

Menari sambil bernyanyi merupakan salah satu aktivitas yang disukai oleh anak-anak. Ditambah lagi, pada usia di bawah lima tahun, anak-anak bisa meniru orang-orang di sekitarnya dengan baik. Jadi, Anda bisa memulai dengan memberi contoh nyanyian dan tarian kemudian mengajak anak-anak untuk mengikuti. Tidak perlu tarian yang rumit, gerakan sederhana dengan lompatan-lompatan kecil juga sudah cukup untuk melatih fisik Si Kecil.

  • Outbound

Outbound juga ide yang bagus untuk mendorong anak-anak melakukan aktivitas fisik. Biasanya kegiatan outbond yang dilakukan disesuaikan dengan usia anak. Misalnya seperti balap ulat bulu, menyapaikan pesan, dan berjalan di atas tali, sehingga Anda tak perlu mengkhawatirkan soal keamanan anak. Outbound juga melatih anak untuk mengatasi situasi dan kondisi yang menantang dan membuat mereka lebih dekat dengan alam.

  • Bela diri

Selain kegiatan di atas, bela diri juga merupakan aktivitas yang baik untuk mendukung gerak fisik anak. Biasanya olahraga bela diri yang biasa diikuti oleh balita adalah taekwondo. Taekwondo juga dapat melatih kedisiplinan dan meningkatkan percaya diri anak. Selain itu, mengikuti kelas taekwondo juga dapat memberikan kesempatan anak untuk bersosialisasi dengan teman-teman seusianya.

  • Renang

Banyak balita yang sangat senang bermain air. Jika demikian, mengapa tidak coba melatih anak untuk berenang? Ada banyak manfaat berenang untuk balita. Di antaranya adalah melatih otot, meningkatkan keterampilan motorik, dan juga meningkatkan rasa percaya diri Si Kecil.

  • Senam gimnastik

Sekarang ini senam khusus balita juga sudah mulai menjamur. Gerakan yang dilakukan biasanya cukup sederhana dan peralatan dan suasana senam pun biasanya dibuat semenarik mungkin hingga mirip seperti tempat bermain. Senam gimnastik untuk balita bisa melatih kekuatan otot, meningkatkan fleksibilitas, dan mendukung perkembangan tulang yang kuat dan sehat.

Jadi, aktivitas mana yang paling sesuai dengan balita Anda?

LEAVE A REPLY