Home Otomotif

3 Jenis Bahan Bakar Berdasarkan Wujudnya

Yuk, kenali beberapa jenis bahan bakar berdasarkan pada bentuk dan wujudnya!

378
0
SHARE

Bahan bakar merupakan sebuah material yang mengandung energi panas sehingga mudah terbakar. Bahan bakar ini kerap digunakan manusia sebagai proses pembakaran, entah itu untuk transportasi, rumah tangga, maupun pembangkit  listrik, industri, dan sebagainya. Kini, memperoleh bahan bakar ini bisa dibilang cukup mudah karena sudah ada distributor yang menjualnya langsung kepada masyarakat, seperti contohnya distributor bahan bakar minyak.

spesifikasi bahan bakar
source : rakyatku otomotif

Nah, berdasarkan pada bentuk dan wujudnya bahan bakar ini terdiri atas tiga kategori, apa sajakah itu? Langsung kita simak pembahasannya di bawah ini, yuk!

  1. Bahan bakar padat. Bahan bakar padat merupakan salah satu jenis bahan bakar berbentuk padat dan memiliki tekstur sangat keras dan rapat. Contoh bahan bakar ini adalah seperti kayu, arang, dan batubara. Biasanya, bahan bakar jenis ini sering dipakai dalam dunia industri dan batubara. Apakah batubara termasuk? Yap, ini karena batubara merupakan bahan bakar yang terbentuk dari sisa tumbuhan yang mengalami proses geologis jutaan tahun silam. Untuk itulah, batubara disebut sebagai bahan bakar padat.
  2. Bahan bakar cair. Berbeda dengan bahan bakar padat, bahan bakar cair ini memiliki tekstur tidak rapat sehingga mudah bergerak. Umumnya, bahan bakar satu ini kerapkali dimanfaatkan dalam industri, rumah tangga, transportasi, pembangkit listrik, dan masih banyak yang lainnya. Jenis bahan bakar cair ini, seperti;
  • Bensin yang sering digunakan untuk bahan bakar kendaraan yang terdiri dari Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus. Namun demikian, setiap bahan bakar ini pastinya memiliki perbedaan. Untuk lebih lanjut, coba cek spesifikasi bahan bakar minyak untuk kendaraan, ya.
  • Solar yang kerap dijadikan sebagai cairan untuk industri ataupun kendaraan.
  • Minyak tanah yang bermanfaat dalam rumah tangga
  • Minyak bakar yang berguna dalam dunia industri dan sebagainya
  1. Bahan bakar gas. Molekul pada bahan bakar gas ini lebih mudah bergerak dibandingkan dengan kedua bahan bakar sebelumnya. Bahan bakar ini terdiri dari dua bagian, yakni Liquid Petroleum (LPG) dan Compressed Natural Gas (CNG). Nah, untuk LPG ini sering dijadikan sebagai bahan bakar dalam rumah tangga, sedangkan untuk CNG adalah gas metana.

Itulah beberapa jenis bahan bakar yang dilihat dari wujud dan bentuknya. Semoga memberikan banyak manfaat, ya! –SH–