Home Asuransi

3 Jenis Asuransi Pengangkutan Barang

Inilah beberapa jenis asuransi pengangkutan barang yang bisa dipilih ketika kamu hendak mengirimkan barang!

470
0
SHARE

Tidak jauh berbeda dengan asuransi lainnya, asuransi pengangkutan barang pun memiliki beberapa jenis asuransi pengangkutan yang bisa dipilih oleh pelanggannya saat mengirimkan barang ke berbagai daerah baik di dalam maupun luar negeri. Asuransi pengangkutan barang atau lebih dikenal dengan asuransi marine cargo sendiri merupakan salah satu jenis asuransi, yang memberikan pertanggungan jaminan terhadap barang yang mengalami kerusakan maupun kehilangan pada saat barang dikirim. Biasanya, besarnya pertanggungan jaminan asuransi yang diberikan oleh pihak asuransi terhadap barang yang hilang ataupun rusak ini, bergantung pada seberapa besar jumlah kerugian dikurangi dengan deducitable.

asuransi marine cargo
asuransi marine cargo

Lantas, apa sajakah jenis asuransi pengangkutan barang yang bisa dipilih oleh para pelanggannya ketika hendak mengirimkan barang? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Asuransi pengangkutan barang lewat udara. Asuransi pengangkutan barang lewat udara merupakan asuransi yang akan menanggung semua bahaya, yang terjadi dalam masa pengangkutan atau pengiriman lewat udara. Namun, apabila terjadi kerusakan maupun kehilangan yang disebabkan oleh pesawat udara mengalami ledakan maupun terbakar saat pengiriman barang, maka pihak asuransi tidak akan mengganti barang yang dikirimkan oleh para pelanggan melalui asuransi udara. Atau, jika kerusakan akibat kamu sendiri yang tidak memperhatikan tata cara pengiriman cargo udara. Sebab itu, kamu juga harus paham bagaimana caranya agar tidak mengalami kerugian.
  2. Asuransi pengangkutan barang lewat darat. Asuransi pengangkutan barang lewat darat yaitu asuransi yang menawarkan pertanggungan untuk barang yang mengalami kehilangan maupun kerusakan saat dikirim melalui daratan. Asuransi yang satu ini biasanya akan menanggung semua resiko yang disebabkan oleh bencana alam, tabrakan, kekacauan, kebakaran, hilang diambil pencuri, jatuh ke sungai dan jurang, tergelincir, dan lain sebagainya.
  3. Asuransi pengangkutan barang lewat laut. Asuransi pengangkutan barang lewat lau adalah sebuah asuransi yang memberikan pertanggungan kepada barang kiriman, yang diakibatkan oleh bahaya yang terjadi di lautan ketika masa pengiriman dilakukan. Untuk bahayanya sendiri terdiri dari beberapa bagian yakni:
  • Perils on the Sea. Bahaya perils on the Sea terjadi di atas laut itu sendiri seperti kapal tenggelam, kandas, tabrakan dan peledakan.
  • Perils of the Sea. Untuk bahaya perils of the Sea muncul diakibatkan oleh sifat laut. Misalkan saja; terjadi gelombang, cuaca buruk, badai, earthquake, dan lainnya.
  • Extraneous Perils. Resiko Extraneous Perils timbul di luar dari perils on Sea maupun perils off Sea, contohnya; Gancu, Robbery, Theft, Pilferage.

Nah, itulah beberapa jenis asuransi pengangkutan barang yang bisa dipilih ketika hendak mengirimkan sebuah barang. –SH–