Home Asuransi

Salah Kaprah Tentang Asuransi Jiwa

Masih banyak saja yang salah kaprah dengan asuransi jiwa dan menganggapnya tidak begitu penting. Gimana, apakah Anda juga memercayainya?

265
0
SHARE

Punya asuransi jiwa memang wajib! Pasalnya, dengan memiliki produk asuransi jiwa, maka dapat menjamin kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan jika Anda sebagai pemegang polis meninggal dunia akibat kejadian yang tidak diinginkan.

mitos asuransi jiwa
source : Google

Meskipun begitu, sayangnya, masih banyak saja yang salah kaprah dengan asuransi jiwa dan menganggapnya tidak begitu penting. Berikut di antaranya:

Asuransi jiwa itu mahal

Tak sedikit yang beranggapan bahwa premi asuransi jiwa yang ditawarkan perusahaan asuransi biasanya lebih mahal dibanding produk asuransi lainnya. Padahal, tidak demikian faktanya. Nasabah asuransi tetap bisa membeli premi asuransi jiwa yang menyesuaikan dengan kemampuan finansialnya.

Bahkan, beberapa produk asuransi seperti Asuransi Jiwa Bebas Rencana dari FWD Insurance Indonesia, misalnya, menawarkan premi yang terjangkau dan memberikan uang pertanggungan hingga Rp 1 miliar. Dengan masa asuransinya yang panjang, mulai dari usia 18 hingga 55 tahun dan dapat diperpanjang sampai usia 80 tahun.

Masih muda tidak perlu membeli asuransi jiwa

Anda yang masih berusia muda, single, dan mendapatkan perlindungan asuransi dari perusahaan pastinya akan beranggapan demikian. Padahal, jika Anda memiliki asuransi jiwa maka nantinya Anda tidak akan membebani keluarga jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan, seperti kematian, misalnya.

Keluarga yang ditinggalkan juga akan mendapatkan perlindungan finansial dari pihak asuransi. Di samping itu, membeli asuransi jiwa di usia muda, biasanya premi yang harus Anda bayarkan tidak sebanyak yang berusia lanjut namun proteksi yang diberikan tetap maksimal.

Semua kebijakan asuransi sama saja

Tiap perusahaan maupun produk asuransi biasanya menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk asuransi jiwa. Dengan demikian, Anda perlu memahami setiap kebijakan yang ditawarkannya terlebih dahulu.

Jangan langsung menyamaratakan kebijakan-kebijakan dari perusahaan dan produk asuransi yang ditawarkan karena jika melakukannya maka bisa saja Anda malah tidak jadi membeli asuransi jiwa untuk melindungi diri dan keluarga.

Pasangan muda tidak wajib memiliki asuransi jiwa

Sebagai pasangan muda, Anda dan pasangan pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk masa depan kelak. Anda pun sudah merencanakan untuk membeli rumah, mobil, dan keperluan rumah tangga lainnya tapi melupakan asuransi jiwa dan menganggapnya tidak begitu penting karena sudah memiliki asuransi lainnya.

Padahal, memiliki asuransi jiwa sama pentingnya dengan kebutuhan lainnya, loh. Lantaran, punya asuransi jiwa memberikan perlindungan finansial bagi keluarga Anda jika sewaktu-waktu Anda sebagai pencari nafkah utama meninggal dunia. Keluarga yang ditinggalkan tentunya tidak akan khawatir dengan keuangan karena mendapatkan perlindungan dari perusahaan asuransi.

Itulah dia beberapa mitos yang masih diyakini banyak orang terkait asuransi jiwa. Bagaimana, apakah Anda juga memercayainya?