SHARE
kabel terbuka

Korsleting atau terputusnya aliran listrik karena arus pendek tidak hanya bisa terjadi pada aliran daya di rumah. Sebab, listrik yang dihasilkan oleh aki pada kendaraan juga bisa mengalami korsleting karena kelalaian penggunanya. Apalagi asuransi mobil memang tidak menanggung insiden seperti ini, sehingga tidak ada salahnya mencegah risiko ini, bukan?

Beberapa hal berikut adalah penyebab arus pendek pada sistem kelistrikan mobil, yaitu:

  1. Aksesoris adisional yang bermutu rendah

Menambahkan aksesoris atau perangkat tambahan pada kendaraan tak bisa sebatas pada kecocokan perangkat pada kendaraan yang dimiliki, lho. Sebab, kualitas juga memiliki peran yang lebih penting. Contoh simpel yang bisa diambil adalah memasang lampu tambahan dengan mutu kabel yang tidak baik. Kualitas kabel lampu tambahan yang jelek ini suatu ketika dapat menjadi bumerang buat kamu, yakni ketika pelapis kabel terkelupas lalu kawat beraliran listrik di dalamnya menempel pada badan mobil. Hal inilah yang menyebabkan korslet pada mobil.

  1. Penggunaan adaptor listrik yang tidak tepat

Dilansir dari Kumparan, seorang custom builder khusus muscle car, Galih Laksono, mengatakan kalau arus listrik pada mobil-mobil keluaran terbaru terbilang sudah stabil. Meski begitu, korsleting masih mungkin terjadi bila pengguna kendaraan menggunakan adaptor listrik yang tidak sesuai. Misalnya, adaptor longgar atau tidak terpasang dengan sempurna. Adaptor yang seperti ini akan “memutus” aliran listrik lalu menimbulkan asap, yang mana berakhir korsleting.

  1. Pemakaian mobil tanpa henti

Jika kamu sering mengendarai mobil untuk jarak yang jauh, maka poin ini penting sekali mejadi perhatian kamu. Yap, pemakaian mobil tanpa henti dapat menyebabkan mesin kepanasan (overheat), kemudian kabel yang menempel pada komponen mobil akan meleleh, dan berakhir pada korsleting. Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan mobil dalam durasi 5 hingga 6 jam saja. Kalau belum sampai tujuan, kamu bisa beristirahat sejenak untuk sedikit mendinginkan mesin mobil sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Nah, itulah dia beberapa hal yang perlu kamu hindari agar mobilmu tidak mengalami korslet. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY