Home Mobil

Bingung Ketika Memilih Aki Mobil? Intip Tips Berikut Ini!

Bagi kalian yang bingung dalam memilih aki mobil, kami akan memberikan beberapa tips pintar ketika memilih aki mobil yang sangat berkualitas!

418
0
SHARE

Aki mobil berfungsi untuk menampung daya listrik dan mengalirkannya ke semua komponen yang terdapat di dalam mobil. Aki juga memiliki kesamaan dengan komponen lainnya, dimana akan mengalami pengurangan performa apabila tidak pernah diganti, dan bahkan bisa menyebabkan mobil mogok maupun mati secara tiba-tiba. Jika mobil sudah mati dan mogok yang diakibatkan oleh aki mobil yang sudah soak dan lama, atau karena cara merawat aki yang salah, maka kalian secepat mungkin harus menggantinya dengan yang baru, dan bila terdapat komponen yang harus diperbaiki segera meminta bantuan kepada pihak asuransi mobil bagus yang akan mengganti biaya kerusakan.

aki mobil
aki mobil

Namun, pada saat mengganti aki mobil ini, tentu saja kalian ingin memilih dan menggunakan aki yang memiliki kualitas yang sangat bagus. Akan tetapi, dikarenakan kalian masih pemula dalam memilih aki mobil ini, jadinya kalian tidak mengetahui manakah aki yang bagus dan cocok untuk mobil kalian. Tenang, bagi kalian yang bingung dalam memilih aki mobil, kami akan memberikan beberapa tips pintar ketika memilih aki berkualitas. Disimak, yuks!

  1. Memilih aki yang masih baru agar tahan lama. Nah, pada saat kalian hendak memilih aki yang akan digunakan untuk mengganti aki yang lama, sebaiknya pilihlah aki yang masih tergolong baru agar nantinya aki kalian bisa bertahan lama. Sedikit saran, kalian jangan pernah membeli aki yang bersifat rekondisi meski harganya tergolong murah, dikarenakan aki yang satu ini merupakan campuran antara aki yang sudah lama ditambah dengan yang baru.
  2. Menentukan mau memakai aki yang basah atau kering. Seperti yang kita ketahui, aki mobil terdiri dari dua jenis, dimana terdapat aki kering maupun basah. Meski sama-sama aki, akan tetapi performa yang dihasilkan oleh aki kering jauh lebih bagus apabila dibandingkan dengan aki basah, dan jauh lebih mahal daripada aki basah. Namun, sayangnya aki kering ini tidak tahan akan panas yang ditimbulkan oleh panas mesin. Untuk itu, pertimbangkan kalian mau memilih aki yang kering maupun basah untuk mobil. Tapi, alangkah baiknya kalian memakai aki yang sedikit mahal, supaya aki yang digunakan tetap awet dan tahan lama.
  3. Mengecek kapasitas yang diberikan oleh aki. Agar nantinya kalian tidak salah memilih, kalian juga perlu mengecek yang namanya kapasitas yang diberikan oleh aki. Saat mengecek kapasitas ini, kalian bisa mengeceknya di bagian amper, dimensi, sekaligus tegangan yang diberikan oleh aki. Dan, usahakan kalian memilih aki mobil yang memiliki kapasitas dan tegangan sama dengan ukuran yang dimiliki mobil. Sehingga, mobil kalian tidak akan mengalami masalah di kemudian harinya.
  4. Garansi yang diberikan. Ketika kalian mau membeli oli untuk mobil, tanyakan pada si penjual apakah aki yang kalian pilih memiliki garansi yang jelas. Jika perlu, tanyakan pula aki yang mengalami kerusakan bisa dikembalikan lagi atau tidak. Dengan begini, tentu saja tidak akan terjadi masalah di kemudian harinya.

Nah, demikianlah beberapa tips yang bisa kalian jadikan acuan, saat memilih aki yang cocok untuk mobil. Selamat memilih! –SH–