Home Berita

Fakta Luar Angkasa yang Wajib Diketahui

Beberapa fakta menarik yang tersimpan di luar angkasa dan sangat wajib sekali untuk diketahui.

694
0
SHARE

Hingga kini, antariksa atau yang lebih dikenal dengan luar angkasa masih menyimpan berjuta misteri yang belum terpecahkan oleh manusia. Meskipun sudah banyak teknologi canggih yang bermunculan di dunia ini seperti; smartphone, TV kabel dan internet, robot tempur, solar probe plus, SPS Alpha, dan lainnya, tapi tetap saja tidak mampu mendeteksi sejuta misteri yang terdapat di luar angkasa. Kendati demikian, namun siapa sangka? Ternyata, di luar angkasa ini menyimpan banyak sekali fakta unik dan menarik, yang pernah diteliti dan dialami oleh orang-orang yang pernah menjelajah sekaligus meniliti luar angkasa ini.

luar angkasa
luar angkasa

Berikut kami sajikan beberapa fakta menarik yang tersimpan di luar angkasa, dan sangat wajib sekali untuk diketahui. Yuks, disimak!

  1. Sebenarnya, dari luar angkasa manusia bisa melihat tembok raksasa yang berada di negara China. Namun, banyaknya polusi udara yang tersebar di negara China, membuat tembok raksasa ini pun tidak terlihat.
  2. Matahari yang biasanya berwarna kuning apabila dilihat dari Bumi, maka di luar angkasa matahari akan terlihat berwarna putih bersih.
  3. Di luar angkasa sendiri, manusia hanya mampu bertahan hidup sekitar 30 detik saja tanpa memakai alat khusus luar angkasa.
  4. Ternyata, cincin yang biasanya kita lihat dari planet Saturnus terbuat dari pencampuran antara batuan, es, dan debu.
  5. Satelit ruang angkasa internasional yang merajelela di luar angkasa memiliki ukuran yang sangat besar kurang lebih sama dengan lapangan American Football.
  6. Para ilmuwan NASA mengetahui bahwa, bintang yang terlihat sangat mengesankan itu, ketika disentuh dengan tangan akan terasa sangat dingin sedingis es maupun salju.
  7. Menariknya, para ilmuwan yang berasal dari Amerika Serikat bernama Astronot, sedangkan dari Rusia disebut dengan Cosmonauts.
  8. Di satelit luar angkasa internasional, urin manusia bisa diolah menjadi air minum dengan menggunakan mesin khusus.
  9. Saat menjelajah antariksa, ilmuwan akan bertambah tinggi sekitar dua inchi.
  10. Satelit luar angkasa yang dibuat oleh manusia menghabiskan dana sekitar 150 milyar dollar Amerika.
  11. Ketika sedang berada di ruang angkasa, astronot akan melihat matahari terbenam dan terbit sebanyak 15 kali.
  12. Di tahun 1962, negara Amerika Serikat pernah meledakkan sebuah bom hydrogen di luar angkasa, yang memiliki kekuatan 100 kali lipat dari bom di Hiroshima.
  13. Menurut astronot, bau yang ada di ruang angkasa mirip dengan panas dari logam, asap yang mengepul, dan steak panggang.
  14. Dana untuk membuat sebuah baju luar angkasa sampai dengan 12 juta dollar Amerika.

Demikianlah beberapa fakta yang wajib sekali diketahui dari luar angkasa. –SH–