Home Pendidikan

Rencanakan Tabungan Pendidikan Anak dari Sekarang

Siapkan dana tabungan pendidikan anak dengan menginvestasikan dana Anda.

46
0
SHARE

Tak bisa disangkal, dana pendidikan saat ini memang terbilang cukup mahal. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak orang tua mulai merencanakan tabungan pendidikan untuk anaknya sebelum anak tersebut memasuki bangku persekolahan. Nah, bagi Anda yang berencana menabung dana pendidikan untuk anak, ada banyak cara sederhana untuk mengatur keuangan. Tidak hanya itu, sekarang sudah banyak loh produk keuangan yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk tempat menyimpan uang, salah satunya adalah reksa dana syariah.

dana pendidikan anak
source : pendidik

Selain itu, masih banyak produk keuangan lainnya yang bisa diambil untuk merencanakan dana pendidikan anak, di antaranya:

  1. Investasi reksa dana. Untuk Anda yang ingin membuat perencanaan dana pendidikan, maka memilih investasi reksa dana adalah pilihan paling tepat untuk Anda. Sebab produk investasi satu ini tidak mengharuskan Anda menabung uang dalam jumlah besar, cukup menginvestasikan dana awal sebesar Rp 100.000 Anda pun sudah bisa memiliki tabungan untuk anak. Namun, sedikit saran, saat berinvestasi dalam bidang ini, alangkah baiknya pilihlah reksa dana yang bersifat campuran yang artinya dana bisa diinvestasikan dalam bentuk deposito, saham, dan obligasi sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih.
  1. Investasi emas. Menabung uang dengan cara membeli emas memang masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat. Hal ini karena emas bisa langsung dicairkan ketika dibutuhkan dan harganya yang terus meningkat. Namun yang perlu diingat, emas yang dimaksud adalah emas batangan ya, bukan emas dalam bentuk perhiasan. Agar tidak memberatkan keuangan, belilah emas ini secara bertahap. Maksudnya, Anda bisa membelinya dalam jumlah kecil terlebih dahulu jangan langsung banyak, misalnya bulan ini Anda membeli emas satu gram, bulan berikutnya bisa ditambah lagi satu gram.
  1. Investasi deposito. Apabila Anda memiliki dana lebih dari usaha yang Anda tekuni, maka tabunglah uang tersebut dalam bentuk deposito yang nantinya bisa digunakan untuk dana pendidikan anak. Mengapa harus memilih deposito? Sebab deposito tidak bisa dicairkan akan tetapi bunganya terbilang cukup tinggi dibanding dengan investasi jenis lainnya. Namun, sedikit informasi, jika deposito yang akan diambil adalah untuk dana pendidikan anak, maka pilihlah deposito dengan jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain beberapa investasi di atas, Anda juga bisa menabung dana pendidikan anak dengan mengambil asuransi pendidikan, tabungan pendidikan, tabungan konvensional, dan sebagainya. Semoga bermanfaat, ya! –SH–