Home Mobil

Wajib Tahu, Begini Cara Mudah Merawat Mobil

Agar mobil tidak rusak atau mati secara mendadak, maka rajinlah merawat mobil di rumah maupun membawanya ke bengkel terdekat!

44
0
SHARE

Kebiasaan untuk membuat mobil terawat dengan melakukan perawatan mobil secara rutin memang sangat penting dilakukan. Sebab, jika mobil tidak pernah dirawat, tentu bisa menurunkan performanya. Apalagi, ditambah dengan kamu jarang mengganti oli mobil, tentu kondisi ini akan semakin memperparah keadaan mobilmu. Meskipun, nantinya kamu berniat untuk menggunakan oli berkualitas dengan harga oli mobil paling mahal sekalipun, akan tetapi jika mobil tidak dirawat tentu penggunaan oli tersebut tidak akan ada artinya.

tips merawat mobil
source : OTOmart

Untuk itu, agar performa mobil tetap prima, maka rajinlah merawat mobil dengan melakukan beberapa hal ini, di antaranya:

  1. Ganti oli mobil secara berkala. Untuk menjaga performa mesin mobil supaya tetap bagus, alangkah baiknya ganti oli mobilmu secara berkala. Oli berfungsi sebagai cairan pelumas di dalam mesin kendaraanmu, jika cairan ini tidak diganti maka bisa mengakibatkan kendaraan mati total. Cara mengecek kapan waktu terbaik untuk mengganti oli mobil juga sangat mudah kok, tinggal melihat jarak tempuh perjalananmu. Jika sudah mencapai 10.000 km, maka saatnya ganti oli mobilmu dengan yang baru.
  2. Bersihkan saringan karburator. Jangan lupa untuk membersihkan saringan karburator secara rutin. Ini penting karena jika tidak dibersihkan malah dapat membuat mobilmu mati total. Nah, saat membersihkannya, bersihkanlah dengan menggunakan sikat gigi atau kuas khusus. Sedikit saran, jangan pernah membersihkan saringan ini dengan hair dryer, sebab panas yang dihasilkan oleh alat ini bisa merusak dinding saringan karburator.
  3. Cek kondisi ban mobil. Agar tidak membahayakan keselamatan, jangan sampai lupa untuk rutin mengecek kondisi ban mobilmu. Ini wajib dilakukan untuk menghindari agar ban tidak slip ketika dikendarai dan tidak menimbulkan kecelakaan. Jika ban terlihat licin, maka segera ganti ban tersebut dengan yang baru.
  4. Servis mobil setiap tiga bulan sekali. Apabila kamu malas merawat mobil sendiri, maka melakukan servis di bengkel adalah jawaban terbaik untukmu. Akan tetapi, saat mobil diservis, pastikan kamu mengecek seluruh komponen mobil mulai dari mesin, AC, oli, ban, dan sebagainya. Jika ada komponen yang rusak, maka langsung minta tolong diganti dengan yang baru. Agar performanya semakin meningkat, ada baiknya servislah mobil ini setiap tiga bulan sekali.

Gimana? Mudah sekali bukan merawat mobil? Selamat mencoba dan semoga membantu, ya! –SH–