Home Kesehatan

Atasi Emosi yang Naik Turun Saat Hamil dengan Cara Ini

Mengetahui cara mengatasi emosi yang naik turun ketika hamil memang sangat penting, sebab jika kondisi tidak segera diatasi maka bisa berdampak buruk pada ibu hamil dan janin.

48
0
SHARE

Selain mengetahui cara mengatasi bad mood saat hamil, ibu hamil juga penting mengetahui cara mengatasi emosi yang naik turun ketika hamil. Mengapa ini penting? Sebab jika kondisi yang seperti ini tidak segera diatasi maka akan berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil itu sendiri bahkan bisa membahayakan janin yang tengah di kandungnya. Oleh sebab itu, menjaga emosi merupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kehamilan terutama untuk kehamilan kembar.

emosi ibu hamil
source : wajibbaca

Melansir dari klikdokter, munculnya emosi yang tidak stabil ini disebabkan karena kondisi hormon yang berubah secara drastis. Tidak hanya hormon progesteron, akan tetapi hormon kortisol, corticotropin-releasing hormon (CRH), adrenocorticotropic hormon (ACTH) turut berubah sehingga mengakibatkan ibu hamil lebih gampang marah dan sedih secara tiba-tiba. Untuk itu, segeralah atasi kondisi ini dengan melakukan beberapa tips berikut, di antaranya:

  1. Dengarkan musik kesukaan. Saat emosi tidak karuan selama hamil, maka cobalah untuk menenangkannya dengan cara mendengarkan musik kesukaan. Dengarkanlah musik tersebut selama lima menit atau sampai emosi Anda sudah kembali stabil. Dengan begini, tentu saja emosi naik turun pun bisa dicegah dengan sangat baik.
  2. Lakukan olahraga ringan. Tidak hanya musik, emosi yang tidak menentu selama hamil juga bisa diatasi dengan rutin melakukan olahraga yang bagus untuk kesehatan ibu hamil. Untuk jenis olahraganya sendiri misalkan seperti yoga, jalan santai, senam hamil, berenang, peregangan pada bagian kaki ataupun seluruh tubuh, dan sebagainya.
  3. Jalan-jalan ke mall. Untuk mengatasi agar emosi Anda tidak semakin meningkat, alangkah baiknya pergilah jalan-jalan ke mall bersama dengan teman atau ditemani oleh suami tercinta. Selain bisa membantu mencegah naiknya emosi, dengan jalan-jalan Anda pun bisa cuci mata sambil membeli barang kesukaan.
  4. Cukupi waktu tidur di malam hari. Terkadang, kurang tidur pun bisa menjadi pemicu emosi naik turun ketika hamil. Untuk itu, cukupilah waktu tidur ini selama kurang lebih sekitar delapan jam sehari. Atau jika di siang harinya Anda merasa sangat mengantuk maka jangan menunda untuk tidur langsung segera tidur.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi emosi yang naik turun selama hamil. Selamat mencoba dan semoga memberikan banyak manfaat ya, Bu! –SH–