Home Berita

Penting Diketahui untuk Kamu yang Sering di Ruang Ber-AC

Keseringan berada di ruangan ber-AC, berikut merupakan beberapa hal yang harus diketahui!

120
0
SHARE

AC menjadi satu teknologi yang sangat mudah ditemui saat ini. Misalnya saja saat kamu pergi ke pusat perbelanjaan, tempat tersebut pasti menggunakan AC Gedung untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung yang datang. Tidak hanya itu, transportasi umum saat ini juga mulai banyak yang menggunakan AC dengan harapan agar lebih nyaman sehingga masyarakat bisa beralih dari  kendaraan pribadi ke transportasi umum.

ruangan ber-AC
source : lenteratoday

Bagaimana dengan di rumah? Tempat ini pun tidak luput dari penggunaan AC. Bahkan, banyak yang tidak hanya menggunakannya di kamar saja tetapi juga di ruang tamu dan ruang keluarga. Dengan begitu, semua ruangan akan terasa sejuk dan nyaman.

Ya, keberadaan AC memang bisa membuat kamu merasa nyaman apalagi jika suhunya pas, tidak terlalu dingin maupun panas. Namun, untuk kamu yang kesehariannya selalu berada di ruangan ber-AC wajib mengetahui beberapa hal berikut:

  • Waspada dehidrasi

Saat berada di ruang ber-AC, kamu tidak akan mengeluarkan keringat. Apalagi jika suhu yang diatur cukup rendah. Hal inilah yang berpotensi menyebabkanmu mengalami dehidrasi. Sebab, kondisi ini akan membuat kamu jarang merasa haus. Kamu juga merasa bahwa tidak banyak cairan yang keluar dari keringat sehingga tidak perlu banyak minum. Padahal, meskipun berada di ruang ber-AC kamu tetap harus mengonsumsi minum dalam jumlah yang cukup.

  • Gunakan pelembap

Situs healthline menjelaskan bahwa kelembapan yang ada pada ruang ber-AC akan menyerap kelembapan dari kulit orang yang berada di dalamnya. Hal ini akan membuat kulit menjadi kering, kusam, tidak elastis, dan masalah kulit lainnya.Agar kulitmu tetap sehat, pastikan kamu selalu menyediakan pelembap untuk berbagai area kulit sehingga kelembapannya dapat terjaga.

  • Atur suhu

Ruang yang sejuk dan tidak panas memang nyaman, tetapi jika terlalu dingin pasti juga akan membuatmu tidak nyaman. Pastikan untuk mengatur suhu AC sesuai dengan yang kamu butuhkan. Jika kamu mulai merasa dinginnya seolah menusuk kulit atau mengganggu pernapasanmu, maka segera naikkan suhunya.

  • Jaga kebersihan

Selain suhu yang terlalu tinggi dan juga kelembapan yang dihasuilkan, kebersihan lingkungan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada kamu saat berada di ruang ber-AC. Jika ruangan mengandung banyak debu, kotoran, bakteri, dan berbagai alergen lainnya, maka bukan tidak mungkin kamu akan mengalami masalah. Untuk itulah, kamu harus pastikan untuk menjaga kebersihan ruang dan juga AC (melakukan perawatan dan pembersihan berkala).

Untuk 2 poin terakhir, kamu memang tidak bisa melakukannya jika sedang berada di area umum, seperti kantor, mall, transportasi umum. Tapi setidaknya kamu bisa melakukan semua hal itu jika menggunakan AC di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Vita)