Home Teknologi

Ini Risikonya Jika Menggunakan Cartridge Palsu

Keseringan menggunakan cartridge palsu? Risiko ini bisa didapat!

65
0
SHARE

Berbeda dengan kebutuhan kantor yang seringkali membutuhkan kualitas cetak terbaik, printer untuk rumah umumnya tidak terlalu memerhatikan hal ini. Selama printer masih bisa bekerja dengan baik untuk mencetak, maka hal tersebut tidak masalah. Apalagi biasanya pengguna printer di rumah lebih fokus pada penghematan sehingga pengaturan hasil cetak pun seringkali dibuat dengan kualitas biasa. Dengan begitu, penggunaan tinta akan lebih hemat.

menggunakan cartridge palsu
source : google

Salah satu cara penghematan yang banyak dipilih adalah dengan menggunakan cartridge palsu. Harganya yang lebih murah dan kualitasnya yang dianggap tidak beda jauh dengan cartridge asli menjadi alasan mereka menggunakannya. Namun, benarkah demikian?

Ternyata kebiasaan menggunakan cartridge palsu bisa berisiko, loh! Berikut ini di antaranya:

  • Kualitas hasil cetak tidak bagus

Sudah jelas hasil cetak cartridge asli dan palsu akan berbeda. Namun, banyak orang yang tidak terlalu memedulikannya karena jika untuk keperluan rumahan, kualitas hasil cetak kurang bagus juga tidak masalah. Kecuali jika terjadi kebocoran hingga hasil cetaak terlihat kotor, barulah hal ini akan diperhatikan.

  • Mempercepat kerusakan printer

Namanya juga onderdil palsu, jadi sudah pasti akan membuat alat menjadi mudah rusak, termasuk juga cartridge palsu. Meskipun tampilan, ukuran, dan semuanya terlihat sama persis dengan yang asli, tetapi tidak menutup kemungkinan ada bagian yang kurang pas sehingga berisiko mengganggu kinerja printer.

  • Merusak garansi

Printer masih garansi, maka kamu harus sangat berhati-hati agar garansi tersebut tidak hilang, salah satunya yaitu dengan selalu menggunakan cartridge asli. Mungkin pada saat kamu membawa printer ke servis center resminya kamu sudah melepas cartridge palsu tersebut. Namun terkadang, teknisi bisa mengetahuinya dari kondisi printer dan jenis kerusakannya.

  • Berbahaya bagi kesehatan

Untuk bisa diedarkan, pabrikan printer sudah melakukan berbagai penelitian terhadap tinta yang digunakan. Dai segi kualitas hingga keamanannya. Namun untuk cartridge palsu, jenis tinta yang digunakan tidak jelas dan berisiko mengandung berbagai zat kimia berbahaya.

Hal lain yang tidak kalah penting yaitu, printer saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi khusus untuk bisa mendeteksi cartridge yang digunakan. Banyak printer yang hanya menampilkan pesan error saat cartridge yang digunakan palsu. Akibatnya, kamu justru mengalami kerugian karena harus membeli cartridge baru dan asli agar printer mau bekerjaa kembali. (Vita)

LEAVE A REPLY