Home Food & Culinary

Cara Nikmat Konsumsi Gyoza Ala Masyarakat Jepang

Agar semakin nikmat, begini tips menikmati gyoza ala masyarakat Jepang yang bisa kamu tiru. Yuk, cobain!

116
0
SHARE

Gyoza merupakan makanan yang berasal dari China, yang terbuat dari campuran sayuran dan daging sebagai isian dan kulit lembut di bagian luarnya. Meskipun berasal dari China, makanan ini populer di seluruh Asia, termasuk di Jepang. Namun demikian, jika masyarakat China lebih senang mengonsumsi gyoza yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus, masyarakat Jepang justru lebih senang mengolahnya dengan cara digoreng atau dipanggang.

tips memakan gyoza
source : fooby

Bicara soal gyoza di Jepang, ternyata masyarakat setempat punya cara tersendiri untuk menikmati gyoza. Di Jepang, gyoza biasa disajikan bersama dengan ramen. Gyoza akan disajikan dalam satu piring kecil dan satu porsi biasanya akan terdiri dari beberapa gyoza. Penasaran dengan bagaimana cara masyarakat Jepang mengonsumsi gyoza? Cek dalam artikel ini, yuk!

  1. Racik bumbu cocolan terlebih dahulu. Banyak kedai di Jepang yang menyajikan gyoza tanpa bumbu perasa, jadi tamu yang datang bisa meracik sendiri bumbunya sesuai selera. Kamu bisa menggunakan bumbu-bumbu yang tersedia di meja, seperti shoyu, rayu, atau bubuk cabai. Biasanya, racikan saus yang ideal adalah 1:1 (shoyu dan cuka). Namun, jika ingin lebih pedas, boleh tambahkan rayu atau sambal minyak pedas.
  2. Teliti permukaan Seperti yang sudah disinggung di atas, masyarakat Jepang lebih menyukai gyoza yang digoreng alih-alih dikukus. Untuk itu, setelah menerima gyoza, periksa permukaannya. Bagian yang berwarna kecokelatan biasanya memiliki tekstur yang renyah. Nah, hindari mencelupkan bagian yang renyah ini ke dalam saus karena akan mengurangi teksturnya. Sebaliknya, celupkan bagian gyoza yang lunak atau yang berwarna putih kekuningan.
  3. Hindari membelah gyoza menjadi dua bagian. Pada dasarnya, gyoza sudah dibentuk sedemikian rupa dengan bentuk bite-size. Untuk itu, disarankan untuk langsung mengonsumsinya per potong dan tidak dipotong menjadi dua. Ketika gyoza dibelah menjadi dua bagian, disarankan bagian juicy dari daging akan keluar sehingga tak akan terlalu terasa ketika dimakan.

Dengan mengikuti trik di atas, dijamin kamu akan merasakan sensasi makan gyoza yang berbeda dari biasanya. Selamat mencoba, ya! Selamat makan gyoza~