Home Food & Culinary

Menu Sarapan Rendah Lemak dan Kaya Serat. Wajib Coba!

Agar makin sehat, yuk konsumsi beberapa makanan sehat yang kaya akan kandungan serat dan rendah lemak berikut!

108
0
SHARE

Sebagai makanan pertama yang dikonsumsi sebelum mulai beraktivitas, menu sarapan sebaiknya dipikirkan matang-matang. Pasalnya, sarapan merupakan pondasi dan sumber energi agar kamu semangat dalam menjalani hari. Atas alasan inilah, menu sarapan yang sehat, bergizi, rendah lemak, dan kaya serat sangatlah disarankan.

makanan kaya serat dan rendah lemak
source : DokterSehat

Menurut situs Eat This, berikut menu sarapan rendah lemak dan kaya serat yang bisa dijadikan pilihan agar kamu mendapat suntikan semangat di pagi hari:

  1. Telur. Telur bisa menjadi menu sarapan yang praktis dan juga mengenyangkan. Pasalnya, telur mengandung 6 gram protein dan berbagai nutrisi lainnya yang bagus untuk tubuh. Tak hanya itu, telur juga mengandung kolin yang berfungsi untuk memberantas lemak. Kamu bisa mengolah telur menjadi telur rebus atau bahkan telur ceplok untuk sarapan di pagi hari.
  2. Dada ayam. Untuk pecinta ayam, bagian dada juga bisa dijadikan sebagai menu sarapan. Dikenal sebagai makanan yang tinggi protein, dalam satu porsi dada ayam (sekitar 100 gram) terdapat sekitar 18 gram protein. Disarankan untuk mengolahnya dengan cara direbus dan sajikan dengan berbagai sayuran kaya serat.
  3. Alpukat. Tidak suka mengonsumsi makanan yang ‘berat’ untuk sarapan? Kamu juga bisa kok mengonsumsi buah. Salah satu buah yang kaya serat, vitamin, serta mineral adalah alpukat. Kamu bisa mengonsumsi alpukat secara langsung, ataupun dijadikan sebagai topping untuk isian roti atau salad. Tahukah kamu, alpukat juga mengandung asam lemak yang bisa mengurangi lemak di perut, lho!
  4. Pisang. Selain alpukat, buah lain yang bagus untuk dikonsumsi saat sarapan adalah pisang. Tak hanya menjadi sumber serat, pisang juga bisa menjadi sumber tenaga. Dalam satu buah pisang, terdapat 14 gram gula dan 3 gram serat serta kalium yang bisa membantumu menjaga cairan tubuh serta tekanan darah.
  5. Bayam. Terakhir adalah bayam. Sebagai sayuran yang kaya omega-3 dan folat nabati, bayam juga bagus untuk disajikan sebagai menu sarapan. Tak hanya nikmat, bayam bisa mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, serta osteoporosis. Kamu bisa merebusnya dan dijadikan sebagai salad, atau dibuat menjadi sayur bening bayam.

Itu dia beberapa menu sarapan yang kaya serat dan rendah lemak. Mana yang paling ingin kamu coba sebagai menu sarapan besok pagi? Semoga bermanfaat!