Home Food & Culinary

Eksplorasi Kuliner Bangsawan di Pracima Tuin, Mangkunegaran, Solo

Lagi liburan di Kota Solo? Jangan sampai melewatkan makan di Pracima Tuin, yang memadukan fine dining dengan kehidupan ala bangsawan, ya. Coba deh!

354
0
SHARE

Solo tidak hanya terkenal dengan warisan budayanya, tetapi juga dengan keanekaragaman kuliner Solo. Di tengah riuh budaya yang kental, terdapat sebuah tempat istimewa yang menjadi primadona bagi pecinta kuliner tradisional, yaitu Pracima Tuin. Sebagai salah satu tempat wisata Pura Mangkunegaran Solo, Pracima Tuin memadukan fine dining dengan kehidupan ala bangsawan. 

kuliner Solo
source : Detik Travel

Arsitektur bangunan yang klasik berpadu dengan sentuhan modern yang mewah tentu memberikan pesona tersendiri. Pengalaman makan di restoran ini pastinya akan membawa cerita yang baru untuk para pengunjung. Simak selengkapnya!

Tidak Bisa Datang Tanpa Reservasi

Yup, karena keterbatasan tempat, di mana Pracima Tuin hanya bisa menampung 175 orang saja per hari, wisatawan tidak boleh datang langsung tanpa reservasi. Jadi, sebelum datang ke restoran ala bangsawan ini, kamu harus melakukan reservasi dahulu melalui whatsApp resmi mereka yang tercantum di akun Instagram, ya!

Tidak perlu bayar DP, kok! Cukup infokan jumlah tamu, tanggal kedatangan, jam yang dipilih, serta menu apa saja yang hendak dipesan.

Menu di Pracima Tuin

Menu yang disajikan untuk fine dining di Pracima Tuin cukup bervariasi dan juga menarik. Saat melakukan reservasi, admin akan mengirimkan buku menu yang bisa dilihat-lihat terlebih dahulu oleh calon tamu. Menunya sendiri dibagi menjadi:

  1. Unjukan: Merupakan menu minuman mulai dari varian tradisional hingga berbagai jenis kopi. Kamu bisa mencicipi kunyit asem, beras kencur, sinom, wedang rempah jahe, teh bunga chamomile, espresso, dan masih banyak lagi. Kami sarankan untuk mencicipi Pareanom, yakni racikan khas Pura Mangkunegaran yang terbuat dari buah jeruk segar berpadu dengan buah lemon dan sirup pandan kolang-kaling.
  2. Kudapan: Merupakan menu makanan pembuka yang ringan dan bite sized, cocok untuk teman bersantai bagi kamu yang tidak ingin makan berat. Pilihannya terdiri atas bakwan jagung, brubus, kroket daging, sate buntel sereh, lidah sapi goreng, dan lain sebagainya. Rekomendasi dari kami: Brubus. Brubus merupakan makanan berbahan daging giling yang diolah Bersama rempah kemudian dibungkus dengan sawi.
  3. Salad dan Sop: Merupakan menu dengan varian salad dan sop.
  4. Dedhaharan Utama: Merupakan menu makanan utama yang berisi makanan tradisional yang sudah diberi sentuhan khas Pura Mangkunegaran. Beberapa menu yang ditawarkan di antaranya Dendeng Age, Sate Pitik, Bestik Pitik Bumbu Opor, Makaroni Panggang, Pepes Iwak Kemangi, Lidah Gongso, Sapi Burgundy, dan lain sebagainya.

Panduan Busa untuk Berkunjung ke Pura Mangkunegaran

Seperti yang sudah disinggung di atas, Pura Mangkunegaran merupakan kawasan bangsawan di mana setiap pengunjung diwajibkan untuk menjaga penampilannya. Begitu juga di Pracima Tuin; ada peraturan tertulis yang harus dipatuhi oleh pengunjung terkait busana yang dikenakan:

  1. Menggunakan pakaian sopan dan bawahan panjang.
  2. Tidak diperkenankan memakai batik dengan motif parang/lereng.
  3. Diimbau menggunakan pakaian berkerah.
  4. Tidak diperkenankan menggunakan sandal jepit atau slipper.
  5. Tidak diperkenankan menggunakan celana pendek.
  6. Tidak diperkenankan menggunakan dress di atas lutut.

Gimana? Setelah membaca artikel di atas, sudah siap kah untuk berkunjung ke Pura Mangkunegaran dan mencicipi fine dining di Pracima Tuin?