Home Aktivitas

Yuk, Rutin Bersepeda Agar Tubuh Menjadi Lebih Sehat!

Yuk, bersepeda agar tubuh menjadi semakin sehat dan buga!

99
0
SHARE

Melansir dari laman Better Health, rutin bersepeda setiap hari dapat membantu mencegah risiko munculnya penyakit stroke, kanker, diabetes, obesitas, dan lainnya. Dengan rutin bersepeda juga dapat mengurangi dampak gaya hidup pasif dan menyehatkan tubuh. Atas alasan inilah tak heran jika kini olahraga bersepeda tengah banyak digandrungi oleh semua kalangan, baik tua maupun muda.

mamfaat bersepeda
source : Megapolitan Kompas

Di samping itu, dengan bersepeda juga memberikan berbagai manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut: (source: liputan6)

  1. Mencegah insomnia. Insomnia merupakan salah satu kondisi di mana seseorang akan kesulitan tidur di malam hari. Kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya sulit berkonsentrasi, tubuh menjadi tidak prima, hingga menghambat aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kondisi satu ini bisa dicegah dengan rutin bersepeda setiap hari selama kurang lebih 20 – 30 menit. Dengan bersepeda, maka membantu membasmi hormon kortisol penyebab munculnya insomnia tersebut.
  2. Menjaga berat badan. Di samping itu, bersepeda juga dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Ini karena dengan bersepeda dapat meningkatkan kinerja kardiovaskular dan otot secara maksimal. Di mana, ketika kinerja kardiovaskular ini meningkat maka dapat membantu membakar kalori yang terdapat di dalam tubuh. Dengan begini, tentu berat badan tubuh pun menjadi terjaga. Namun, tetap imbangi dengan makanan bergizi agar tubuh semakin sehat.
  3. Menurunkan stres. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stres seperti kerjaan yang menumpuk, deadline tugas, dan sebagainya. Jika dibiarkan, perasaan stres ini memang dapat mengganggu kesehatan mental dan fisik. Untuk itu, cegahlah dengan cara rutin bersepeda setiap hari. Melansir dari liputan6, bersepeda dapat menurunkan tingkat stres karena saat bersepeda mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini memicu suasana hati yang positif dan rasa nyaman.
  4. Menyehatkan tulang. Selain itu, bersepeda juga dapat menyehatkan tulang dan bentuk latihan yang ideal untuk penderita osteoporosis. Sebuah penelitian mengungkapkan jika lansia yang rutin bersepeda setiap hari, maka nyeri lutut dan osteoartritis yang dialami akan semakin membaik. Karena itulah, rajinlah bersepeda setiap hari agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Itulah dia beberapa manfaat yang bisa dirasakan jika rutin bersepeda setiap hari. So, jangan lupa bersepeda, ya! –SH–