Home Food & Culinary

Tips Mencegah Kehadiran Lalat Buah di Rumah. Mudah Saja!

Supaya lalat buah tidak masuk ke dalam rumah, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Yuk, cek!

337
0
SHARE
lalat buah
source : google

Lalat buah adalah hama yang menyerang tanaman pekarangan, seperti cabai, tomat, timun, juga buah-buahan. Bagi para petani hortikultura, ini adalah hama paling merugikan karena hewan ini menggerogoti sayur-mayur dan buah-buahan yang akan dikonsumsi manusia. Tidak sampai situ, lalat buah juga bisa muncul di dalam rumah kalau kamu lalai. Supaya kamu tidak sampai harus memanggil jasa pembasmi hama profesional, berikut adalah tips mencegah kehadiran lalat buah di dalam rumah yang harus kamu ketahui!

Manfaatkan rempah-rempah beraroma

Cara pertama untuk mencegah kehadiran lalat buah di rumah adalah menghadirkan rempah-rempah beraroma (herbal) tertentu di sekitar dapur dan meja makan atau menambahkan beberapa tetes minyak esensial herbal ke dalam diffuser. Beberapa wewangian herbal yang tidak disukai lalat buah adalah lavender, mint, rosemary, kemangi, basil, kayu putih, cengkeh, dan serai.

Jangan berikan kesempatan sedikit pun

Tips kedua ialah tidak memberikan kesempatan untuk lalat buah sedikit pun. Untuk itu, kamu harus tahu apa yang disukai oleh lalat buah hingga bisa mengundang kehadiran mereka di dalam rumahmu. Menurut beberapa sumber, lalat buah senang pada apa pun yang mengandung gula, seperti buah-buahan yang terlalu matang atau sayur-mayur yang sudah terpotong. Kalau tidak menemukan buah atau sayur, lalat buah juga akan hinggap di tempat sampah basah (bekas makanan), saluran pembuangan air, dan tempat sampah daur ulang.

Jadi, usahakan untuk tidak menimbun terlalu banyak buah-buahan dan sayur-mayur di ruang makan ataupun dapur, ya! Jika ingin menyetok, simpanlah baik-baik di dalam kulkas. Selain itu, jangan lupa juga untuk membiasakan buang sampah rutin setiap 1–2 hari untuk sampah kering dan 1 hari sekali untuk sampah basah. Terakhir, tutupi juga saluran pembuangan biar tidak jadi tempat hinggap lalat buah, ya!

Cuci dan periksa belanjaan

Setelah berbelanja bahan masakan, ada baiknya kamu juga langsung membiasakan diri untuk mencuci dan memeriksa barang-barang belanjaanmu. Hal ini akan membantu kamu mencegah kehadiran lalat buah di dapur maupun ruang makanmu. Jika sudah mencuci sayur dan buah dengan air bersih atau mengalir, keringkan lalu buang bagian yang sudah rusak atau menuju kematangan untuk menghilangkan telur atau larva buah yang mungkin menempel.

Nah, itulah dia sedikit tips mencegah kehadiran lalat buah di rumah kamu. Mudah saja, kan? Yuk, mulai biasakan hidup bersih agar kamu selalu sehat!