Home Hiburan

Ketika Berlibur, Jangan Lupa Datangi Festival Ini!

Beberapa festival yang wajib dikunjungi saat berlibur!

345
0
SHARE

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memang memiliki banyak sekali keberagaman budaya yang tersebar di berbagai provinsi. Salah satunya terdapat beberapa festival budaya atau upacara adat yang diadakan di beberapa daerah. Biasanya, festival budaya yang disuguhkan ini masih sangat kental dengan semua hal yang berbau tradisional. Meskipun begitu, namun akhirnya hal inilah yang menjadi daya pikat untuk para wisatawan melihat festivalnya sambil ditemani dengan mobil mitsubishi delica miliknya. Berikut kami suguhkan beberapa festival budaya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dan sangat wajib sekali dikunjungi. Yuks, langsung saja disimak ulasannya:

  • Festival Yadnya Kasada
festival yadnya kasada
festival yadnya kasada

Festival Yadnya Kasada atau biasanya dikenal dengan Kesodo merupakan salah satu ritual tahunan yang dilakukan oleh suku asli yang tinggal di Gunung Bromo. Dilakukannya ritual ini sebagai bentuk terima kasih dan rasa syukur masyarakat kepada Gunung Bromo, yang telah memberikannya kesejahteraan hidup. Uniknya, festival Yadnya Kasada ini diperbolehkan diikuti oleh masyarakat yang tidak berasal dari Tengger. Ritual yang satu ini, biasanya dirayakan di Gunung Bromo setelah matahari terbit.

  • Festival Ya’ahowu
festival ya’ahowu
festival ya’ahowu

Festival Ya’ahowu berasal dari desa Bawowataluo, Nias, Sumatera Utara. Festival yang satu ini, diadakan sekali dalam setahun dengan menyuguhkan berbagai hiburan yang begitu mengagumkan. Saat festival ini berlangsung, seluruh penduduk lokal yang tinggal di desa Bawowataluo ini memakai pakaian tradisional khas Nias. Dan, pada festival ini para pengunjung dapat melihat beberapa pertunjukkan seperti lombat batu yang sangat terkenal, seni, dan berbagai pertunjukkan lainnya.

  • Festival Cap Go Meh
festival cap go meh
festival cap go meh

Untuk menutup Tahun Baru China, di sebuah daerah di Kalimantan Barat tepatnya di Singkawang dilakukan sebuah festival bernama Cap Go Meh Singkawang. Menariknya, festival yang dilangsungkan di daerah ini terkenal hingga mancanegara, dikarenakan festivalnya yang sangat meriah. Ketika festival ini diadakan, pengisi acara menggunakan baju tradisional dan berkeliling kota Singkawang. Di festival ini, terdapat sebuah atraksi yang sangat ekstrim yang dilakukan oleh perantara roh dewa dan tatung. Saat para tatung sudah dirasuki, maka mereka akan menusukkan benda yang sangat tajam ke tubuhnya. Dan, di festival ini juga diadakan sebuah acara sedekah dan lelang untuk membantu masyarakat yang tidak mampu.

Nah, itulah beberapa festival budaya yang bisa didatangi ketika liburan di negara Indonesia. Selamat Berlibur! –SH–