Home Transportasi

Kenapa Ya Semua Pesawat Terbang Berwarna Putih?

Tahukah Anda, mengapa warna putih dipilih sebagai warna dasar pesawat?

495
0
SHARE

Lagi santai menikmati pemandangan di balkon apartment mega kuningan, lalu melihat pesawat yang melintas di langit tepat di atas gedung apartment. Meskipun lokasinya berada jauh di atas Anda, pasti tetap saja mengetahuinya berdasarkan dari bentuknya dan warnanya putihnya yang khas saat melintas.

pesawat terbang
pesawat terbang

Yap, sebagian besar pesawat memang menggunakan warna putih sebagai warna dasarnya. Akan tetapi, tahukah Anda mengapa warna putih dipilih sebagai warna dasar pesawat? Hmm, pasti Anda tidak pernah memikirkan hal itu. Yang Anda tahu semua pesawat berwarna putih. Dan, Anda tidak pernah tahu alasannya kenapa. Biar nggak penasaran, yuks langsung saja disimak alasannya:

  1. Warna putih mempunyai sifat termal. Warna putih yang ada di badan pesawat ternyata mempunyai sifat termal. Maksudnya, sifat yang mampu menghindari badan pesawat dari pemanasan yang terjadi ketika pesawat berasa di atas awan. Dan, adanya sifat termal pada pesawat, tentunya akan memberikan banyak keuntungan pada pesawat.
  2. Gampang Dilihat Saat Terjadi Kerusakan Di badan pesawat. Selain memiliki sifat termal, ternyata warna putih pada pesawat akan memberikan kemudahan pada saat pengecekan. Saat ada sedikit penyok maupu retak pada pesawat, maka akan terlihat dengan jelas. Dan juga, jika terjadi kebocoran minyak atau apapun, akan terlihat jelas dari dinding pesawat.
  3. Susahnya Mengecat Pesawat. Mengecat sebuah pesawat bukanlah hal yang mudah. Bagaimana tidak? Pengecat yang akan mengecat pesawat membutuhkan waktu sekitar tiga hingga tujuh hari untuk penyelesaiannya. Dan juga, memerlukan banyak uang saat mengecat pesawatnya.
  4. Warna Putih Yang Terdapat Di Pesawat Tidak Akan Pernah Pudar. Warna putih yang menempel di pesawat dipercaya tidak akan pernah memudar. Buktinya saja, saat pesawat sudah terbang tinggi di atas awan, warna putih di pesawat tidak pernah memudar. Akan tetapi, warnanya selalu putih bersih.
  5. Pesawat Yang Diberi Warna Nilai Jualnya Anjlok. Biasanya, pesawat yang memiliki warna di badan pesawat, saat dijual akan mengalami penurunan harga. Warna yang terdapat di badan pesawat lama-kelamaan akan luntur. Lunturnya warna, tentu membuat perusahaan harus mengeluarkan uang untuk pengecatannya. Hal itulah yang menyebabkan turunnya harga penjualan.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa pesawat berwarna putih! –SH–