Home Berita

Ini Dia Jenis Bahan Bakar

Ini jenis bahan bakar yang wajib untuk diketahui. Apa sajakah? Yuk, langsung dicek!

288
0
SHARE

Bahan bakar merupakan material yang mudah terbakar karena mengandung energi panas. Bahan bakar sendiri sering dijadikan sebagai proses pembakaran, baik itu di rumah tangga, industri, transportasi, pembangkit listrik, dan lain sebagainya. Karena memiliki fungsi sebagai media pembakaran ini, membuat bahan bakar pun kini mudah ditemukan di pelosok negeri lantaran banyak distributor bahan bakar yang menjualnya kepada masyarakat, contohnya seperti distributor bahan bakar minyak ataupun distributor jual solar industri.

jenis bahan bakar
source : Grid.ID

Nah, berbicara mengenai bahan bakar, ternyata bahan bakar ini terbagi menjadi beberapa jenis, loh. Tidak hanya bahan bakar, ternyata solar pun terdiri dari banyak jenis dan memiliki perbedaan di antara masing-masingnya. Apa sajakah? Yuk, disimak pembahasannya di bawah ini!

  1. Berdasarkan pada wujudnya. Di dalam kategori ini, bahan bakar terdiri atas tiga bagian, yakni;
  • Bahan bakar padat. Bahan bakar padat adalah jenis bahan bakar yang memiliki tekstur lebih keras, padat dan rapat dibandingkan dengan jenis lainnya. Contoh dari bahan bakar ini seperti arang, batubarang, dan kayu. Umumnya, bahan bakar jenis ini digunakan pada bidang industri.
  • Bahan bakar cair. Tidak sama dengan bahan bakar padat, khusus untuk bahan bakar cair ini mempunyai tekstur yang lebih rapat daripada bahan bakar padat sehingga lebih mudah bergerak. Jenis bahan bakar ini adalah seperti premium, pertalite, pertamax, pertamax plus, solar, minyak tanah, minyak bakar, dan lain sebagainya.
  • Bahan bakar gas. Berbeda dengan sebelumnya, untuk bahan bakar gas lebih lincah dibandingkan bahan bakar padat maupun cair. Kategori bahan bakar ini adalah compressed natural gas (CNG) dan liquid petroleum gas (LPG). LPG biasanya digunakan dalam rumah tangga, sedangkan CNG adalah gas metana.
  1. Berdasarkan pada materinya. Jika bahan bakar berdasarkan wujudnya terbagi atas tiga bagian, akan tetapi untuk kategori ini hanya terdiri atas dua bagian, seperti;
  • Bahan bakar berkelanjutan. Bahan bakar ini memiliki sifat tidak akan pernah habis contohnya seperti matahari. Matahari tentu sangat bermanfaat dalam kehidupan misalnya membantu proses pengeringan pakaian, menyehatkan tulang, penerangan alami, membakar lemak dalam tubuh, menjaga temperatur tumbuhan, dan sebagainya.
  • Bahan bakar tak berkelanjutan. Bertolak belakang dengan bahan bakar berkelanjutan, bahan bakar ini bisa habis karena diambil langsung dari alam contohnya olahan minyak bumi. Jika sudah habis, tentu masyarakat pun akan kewalahan mencari bahan bakar tersebut.

Itulah beberapa jenis bahan bakar yang kerap digunakan pada industri. Semoga bermanfaat! –SH–