Home Mobil

3 Penyebab yang Menyebabkan Mobil Overhaul

Inilah penyebab yang bisa mengakibatkan overhaul atau turun mesin!

419
0
SHARE

Overhaul atau lebih dikenal dengan istilah turun mesin merupakan proses perawatan sekaligus pengecekan yang dilakukan pada mobil. Pada saat perawatan dan pengecekan ini semua komponen di dalam mobil akan diperiksa dan dibongkar. Apabila terdapat komponen yang mengalami kerusakan dan tidak layak digunakan lagi, maka akan diganti dengan yang baru dan komponennya kembali disusun ke tempat semestinya. Biasanya, penggantian komponen yang disebabkan oleh overhaul ini tergolong mahal, dan akan merogoh kocek hingga dalam. Namun, untuk kalian yang menggunakan asuransi mobil All Risk, tentu saja tidak akan mengalami masalah soal biaya disebabkan akan diganti oleh pihak asuransi.

turun mesin atau overhaul
turun mesin atau overhaul

Nah, supaya mobil kalian terhindar dari yang namanya overhaul atau turun mesin, sebaiknya kalian harus mengetahui apa saja penyebab yang bisa menyebabkan maupun menimbulkan turun mesin atau overhaul ini. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Mesin mobil kemasukan air. Biasanya, air akan masuk ke dalam mesin mobil melalui komponen saluran udara, saat melewati jalan yang digenangi oleh air maupun saat banjir. Dikarenakan daya isap komponen saluran udara ini sangat kuat, maka membuat air pun akan sangat mudah diserap dan langsung masuk ke mesin. Apabila air sudah masuk, bisa menyebabkan bagian piston pecah, mematahkan bagian connecting Rod, dan membuat katup bengkok, sehingga akan menimbulkan kemacetan pada mesin. Untuk menghindari hal yang seperti ini, maka jangan pernah untuk mengendarai mobil secara paksa di dalam air yang tergenang dan banjir.
  2. Memaksa mobil tetap bekerja saat panas. Pada saat mengendarai mobil dan tiba-tiba langsung mati, maka jangan langsung menghidupkannya secara paksa. Akan tetapi, perhatikan terlebih dahulu temperature mesin yang terdapat di komputer mobil. Jika temperature mesin sudah menunjukkan huruf H atau Hot, itu menandakan mesin mobil harus segera dimatikan maupun didinginkan dikarenakan sudah terlalu panas. Apabila saat pendinginan mesin mobil ini masih tidak bisa dinyalakan, sebaiknya jangan memaksanya untuk hidup kembali sebab akan mengakibatkan overheating. Dan, alangkah baiknya meminta bantuan montir untuk memperbaikinya.
  3. Mobil terus bekerja padahal oli habis. Mobil yang kehabisan oli namun tetap dipaksa untuk bekerja, akan mengakibatkan mesin di dalam mobil mengalami masalah. Tentu saja, jika mesin sudah mengalami masalah, mobil pun akan menimbulkan yang namanya overhaul dan tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan mobil mati total di tengah jalan. Untuk itu, jangan pernah mengendarai mobil di saat dashboard pada komputer sudah menyala. Sedikit saran, apabila dashboard sudah menyala, langsung mematikan mobilnya dan segera lakukan pengecekan pada oli.

Tidak penggantian beberapa komponen penting saat dibutuhkan juga dapat menyebabkan mobil mengalami masalah. Sebab, tidak hanya menyebabkan mobil boros bahan bakar saja, tetapi juga bisa overhaul. Jadi, pastikan kamu memperhatikan kondisi komponen mesin mobilmu ya. –SH–