Home Kesehatan

Daun Salam Sangat Bagus Loh untuk Kesehatan!

Ternyata, daun salam sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, loh. Yuk, cek manfaatnya!

341
0
SHARE

Cara mengobati maag yang menyerang tubuh tidak hanya melalui obat saja, loh. Namun, Anda bisa pula mengobatinya dengan bantuan bahan alami yang bisa dengan mudahnya ditemukan di dapur, salah satunya adalah daun salam. Tahukah Anda, ternyata daun salam yang biasa dijadikan sebagai daun untuk pelengkap rasa dalam masakan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

manfaat daun salam untuk kesehatan
source : merdeka.com

Bukan tanpa alasan, di dalam daun salam sendiri tersimpan kandungan antioksidan, flavonoid, asam laurat, vitamin, fitonutrien, salisilat, asam caffeic yang berperan penting untuk menyehatkan tubuh. Adapun beberapa manfaat yang diberikan oleh daun salam tersebut adalah sebagai berikut, cekidot:

  1. Redakan maag akut. Anda penderita sakit maag akut? Jika ya, maka obatilah penyakit tersebut dengan daun salam! Kenapa harus daun salam? Yap, ini karena daun salam mengandung flavonoid, vitamin c, zat tanin, zat atsiri yang berperan sebagai anti-bakterial sekaligus anti-inflamasi sehingga ampuh dalam mengurangi pembengkakan yang muncul pada bagian lambung. Cara pengobatannya sangat mudah, ambil sekitar 20 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih kemudian masukkan ke dalam panci yang sudah diberi air sebanyak 500 ml. Rebuslah hingga mendidih dan agar rasanya semakin nikmat tambahkanlah gula pasir. Minumlah air rebusan ini hingga sakit maag mereda atau sudah tidak sakit lagi. Selain dapat mengobati maag, mengonsumsi daun salam dengan cara yang tepat juga bisa mengatasi masalah GERD, sehingga asam lambung tidak naik dan tidur menjadi nyaman.
  2. Bantu turunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh memang paling ditakuti oleh banyak orang, sebab penyakit ini dapat memicu munculnya penyakit berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk itulah, yuk bantu turunkan kadar kolesterol ini dengan rutin meminum air rebusan daun salam yang dipercaya ampuh dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh karena menyimpan kandungan tanin, saponin, dan flavonoid. Caranya? Rebus 10 lembar daun salam dengan air rebusan sebanyak 3 gelas. Lalu, sisakan air rebusan tersebut hingga 1 gelas saja dan segera minum. Agar hasilnya maksimal, minumlah secara rutin.
  3. Menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Di dalam daun salam tersimpan kandungan antioksidan yang cukup tinggi, kandungan ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang tanpa sengaja masuk ke dalam tubuh. Cara membuat ramuannya adalah Anda tinggal mengambil sekitar 10 lembar daun salam yang direbus dalam 3 gelas air dan rebus hingga menyisakan 1 gelas. Minumlah air rebusan ini secara teratur!

Selain ketiga manfaat di atas, daun salam pun bermanfaat untuk:

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Mengobati gangguan ginjal
  • Mengusir serangga
  • Mengurangi gejala pilek
  • Mencegah kanker
  • Mengobati gatal-gatal
  • Menyehatkan jantung

Itulah beberapa manfaat dari daun salam untuk kesehatan tubuh! –SH–