Home Teknologi

Ini Dia Daftar Cloud Server Gratis untuk Menyimpan Data-datamu!

Yuk, simpan data-data pentingmu di beberapa cloud server gratis berikut!

82
0
SHARE

Terbatasnya ruang penyimpanan data di perangkat seperti laptop atau ponsel pintar sering jadi masalah bagi orang-orang yang senang mengoleksi data dalam jumlah besar. Ya, untuk orang yang hobi menonton dan memotret, masalah seperti ini kerap kali mereka temui. Untungnya, sekarang ada cukup banyak cloud server gratis yang bisa menampung sejumlah data-data pengguna dengan aman.

cloud server gratis
source : Bglpin

Nah, jika kamu juga sedang mencari tempat untuk menyimpan data-data seperti film, drama, serial televisi, dan foto-foto, simak kelanjutan artikel yang dikutip dari situs Cloudwards ini, ya!

  1. pCloud. Menurut Cloudwards, pCloud layak menduduki posisi pertama—dan menjadi favorit mereka—karena kapasitas, keamanan, serta kemudahan yang diberikan untuk setiap penggunanya. Untuk mendapatkan ruang penyimpanan gratis, kamu tinggal membuat akun dan menyelesaikan beberapa pertanyaan trivia. Selain memberikan kapasitas sebesar 10 GB per user, pCloud juga membolehkan kamu menyimpan data-datamu untuk selamanya, lho! Iya, selamanya. Keunggulan lain dari cloud server ini adalah adanya built-in media player yang mana bisa membuat kamu memutar langsung musik ataupun video dari server. Menarik, bukan?
  2. Sync.com. Cloud server terbaik kedua menurut Cloudwards ini menawarkan ruang penyimpanan gratis sejumlah 5 GB. Keunikan Sync.com adalah tidak adanya batasan untuk mengunggah sebuah file. Ya, kamu bisa meletakkan video berukuran berapa pun di cloud server ini. Selain itu, Sync.com juga punya regulasi keamanan yang kuat. Jadi, kamu tidak perlu mengkhawatirkan soal keamanan data-datamu, ya.
  3. Google Drive. Mungkin kamu tak asing lagi dengan cloud server satu ini. Selain memiliki fitur document collaboration—di mana kamu bisa mengedit dan mengerjakan satu dokumen yang sama dengan orang lain—kapasitas cuma-cuma yang diberikan Google Drive juga mencapai 15 GB, lho. Cloud server ini juga terintegrasi langsung dengan Google Mail. Jadi, kalau kamu punya surel dari Gmail, maka kamu otomatis mendapat media penyimpanan Google Drive. Yang membuat Google Drive ‘hanya’ menduduki posisi ketiga adalah tidak adanya kejelasan tentang regulasi privasi pengguna. Google juga akan memindai file-mu tanpa izin terlebih dahulu. Dan bila file tersebut tidak sesuai dengan aturannya, maka akunmu akan dimusnahkan.
  4. MEGA. Seperti namanya yang berarti ‘besar’, MEGA menawarkan kapasitas penyimpanan cuma-cuma yang tidak main-main. Ya, satu akun gratis MEGA bisa menampung 50 GB data. Waw, fantastis sekali, bukan? Sayangnya, kapasitass 35 GB yang diberikan hanya berlaku selama 30 hari. Jadi, pada akhirnya kamu mendapat ruang yang sama banyak dengan cloud server di poin 3. Meski begitu, kapasitas temporer ini bisa kamu unlock dengan meng-install aplikasi MEGA di ponsel pun laptop kamu, juga dengan memberikan referensi kepada temanmu.
  5. Dropbox. Cloud server ini memang cuma memberikan kapasitas gratis sebanyak 2 GB. Namun, fitur syncing yang dimilikinya belum dapat terkalahkan. Kecepatan perpindahan data dan penggunaannya menjadi kelebihan Dropbox. Meski begitu, mungkin kamu perlu membuat banyak akun di Dropbox untuk menampung file video dan foto-fotomu, ya?

Itulah dia 5 cloud server gratis yang bisa kamu jadikan tempat untuk menyimpan file seperti video dan foto-foto. Semoga informasi di atas berguna, ya! (AP)