Home Berita

Yuk, Kenali Beberapa Jenis Hasil Minyak Bumi!

Ini dia beberapa jenis penyulingan minyak bumi yang wajib kamu ketahui!

467
0
SHARE

Selalu membeli bahan bakar melalui distributor bahan bakar minyak terbaik memang sudah menjadi kebiasaan rutin bagi para pengendara. Sebab tanpa bahan bakar tentu kendaraan pun tidak bisa dinyalakan, oleh sebab itulah tidak heran jika banyak pengendara yang sangat membutuhkan bahan bakar tersebut. Meskipun demikian, sebagai pengendara yang baik, apakah kamu sudah tahu apa saja jenis hasil bumi selain bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor? Pastinya kamu belum tahu, kan?

jenis minyak bumi
source : kompas ekonomi

Nah, untuk itu agar tidak salah, alangkah baiknya kenali dulu beberapa jenis hasil minyak bumi ini. Apa sajakah itu? Yuk, disimak pembahasannya! (source: ilmugeografi)

  1. LPG. LPG merupakan hasil penyulingan minyak bumi berbentuk gas cair. LPG sendiri sering dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak masakan enak di rumah. Biasanya, LPG yang digunakan untuk rumah tangga ini sudah diberi senyawa mercaptan, salah satu zat pembau yang akan mengurangi bahaya pada saat LPG dipakai saat memasak. Di samping itu, hasil bumi satu ini juga kerap dijadikan sebagai bahan baku untuk pabrik-pabrik petrokimia yang nantinya menghasilkan pupuk, kosmetik, plastik, dan masih banyak yang lainnya.
  2. Parafin. Parafin atau dikenal pula dengan hidrokarbon alkan adalah sejenis hasil bumi yang kerap digunakan untuk produk kecantikan. Namun, parafin yang dipakai biasanya sudah diolah terlebih dahulu, sebab jika tidak diolah bisa membahayakan pengguna yang akan memakai kosmetik tersebut. Di samping itu, parafin juga sering digunakan sebagai cat dan tinta untuk berbagai furniture dan membatik kain.
  3. Kerosin. Kerosin atau biasa dikenal dengan minyak tanah merupakan sebuah cairan yang sangat mudah terbakar. Kerosin ini ternyata didapat melalui proses destilasi minyak bumi yang dilakukan oleh para pakar. Ada yang menarik dari minyak tanah ini, di mana sebelum di pasarkan kepada masyarakat minyak tanah diberi zat pewarna terlebih. Tujuannya, agar masyarakat bisa membedakan antara minyak tanah dan air.

Selain itu, masih ada beberapa hasil bumi lainnya yang wajib diketahui, seperti;

  • Bensin
  • Solar
  • Aspal
  • Aviator Turbine (Avtur)
  • Aviation Gasoline (Avgas)

Ternyata banyak juga hasil minyak bumi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan. Semoga bermanfaat, ya! –SH–