Home Mobil

Ini, Kesalahan yang Membuat Penggunaan BBM Makin Boros

Ternyata, beberapa kesalahan berkendara berikut ini dapat membuat bahan bakar minyak cepat habis, loh

352
0
SHARE
bahan bakar minyak
source : google

Sebagai seorang pengendara, Anda pasti pernah mengeluh BBM cepat habis padahal baru diisi sehari yang lalu melalui distributor bahan bakar minyak. Iya, kan? Nah, tahukah Anda, terjadinya pemborosan pada BBM ini ternyata disebabkan oleh beberapa kesalahan yang tanpa disadari mungkin sering Anda lakukan ketika berkendara. Apa sajakah kesalahan tersebut? Yuk, dicek! (source: blogduitpintar)

  1. Mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Sebenarnya, banyak alasan yang membuat seseorang harus berkendara dalam kecepatan tinggi, misalnya seperti telat ke kantor, harus mendatangi sebuah acara, keadaan yang bersifat urgent, dan sebagainya. Namun, terlalu sering mengendarai mobil dalam kecepatan di atas rata-rata ini malah yang membuat kendaraan boros bahan bakar minyak. Alasannya, karena rpm atau rotasi mesin berputar semakin tinggi, sehingga mengakibatkan konsumsi BBM pun lebih banyak dibandingkan biasanya.
  2. Salah dalam menggunakan gigi. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada kendaraan yang bersifat manual atau gigi. Di mana, seorang pengendara kerap melakukan kesalahan dalam penggunaan gigi pada mesin mobil. Maksudnya, saat berkendara kamu seharusnya memakai gigi empat, tapi karena tidak sadar malah masih menggunakan gigi tiga. Tentu, kondisi seperti ini dapat membuat mesin kendaraan bekerja lebih ekstrak dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar minyak.
  3. AC selalu dinyalakan selama perjalanan. Panasnya ibukota terkadang memang membuat kita kepanasan saat berkendara, dan secara otomatis selalu menyalakan AC. Padahal, melakukan ini sebenarnya tidak dianjurkan, loh. Selain tidak bagus untuk kesehatan, kondisi ini juga dapat menyebabkan bahan bakar kendaraanmu cepat habis. Ini karena mesin kompresor AC memberikan beban yang lebih berat kepada mesih kendaraan, sehingga mengakibatkan bahan bakar pun ludes dengan sangat cepat.
  4. Berkendara secara ugal-ugalan. Selain dapat membahayakan kendaraan lain, berkendara secara ugal-ugalan ini juga dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar. Yap, ini karena mesin kendaraan menjadi tidak stabil saat dikendarai, akibatnya mesin kendaraan tersebut harus mengonsumsi bahan bakar lebih besar dibandingkan mengendarainya secara normal.

Bagaimana? Apakah kamu sering melakukan beberapa kesalahan yang sudah disebutkan di atas? Jika, ya! Mulai dari sekarang, cobalah untuk tidak melakukan kesalahan tersebut saat berkendara, tujuannnya tentu untuk menghindari pemborosan bahan bakar. –SH–