Home Berita

WC di Rumah Sering Mampet? Mungkin Ini Penyebabnya!

Ini, penyebab kenapa saluran WC di rumahmu sering mampet!

162
0
SHARE

Saluran wc yang sering mampet di rumah, memang menjadi masalah yang sangat serius dan harus segera diatasi. Pasalnya, saat saluran wc ini mampet, biasanya aliran air pembuangan yang dikeluarkan pun tidak akan mengalir dengan sempurna. Sehingga, dapat menyebabkan air terus mengendap di luar lubang wc. Ketika hal ini terjadi, tentu membuat Anda pun ingin segera menggantinya dengan yang baru mengingat harga pipa PVC yang digunakan bisa dikatakan cukup murah ataupun Anda langsung memperbaikinya dengan memakai jasa perbaikan saluran wc mampet.

harga pipa PVC
source : Google

Namun, sebelum memperbaiki sekaligus menggantinya, ketahui dulu apa sebenarnya yang menjadi penyebab saluran di rumah Anda ini sering mampet? Adalah diantaranya sebagai berikut;

  1. Benda asing masuk ke dalam lubang wc. Penyebab pertama yang bisa membuat saluran air di rumah Anda bisa mampet adalah karena masuknya benda asing ke dalam lubang wc. Seperti misalnya; bungkus shampoo, bekas pembalut yang sudah dipakai, plastik berukuran kecil, rambut, dan sebagainya. Lantaran, benda asing yang masuk ini bukanlah bahan yang bisa dilarutkan dengan air, sehingga inilah yang menjadi penyebab mengapa saluran air bisa tersumbat. Apabila ini sudah terjadi, sebaiknya atasilah dengan cara memberinya cuka putih yang dicampur dengan baking soda, sabun pencuci piring, soda api, dan shampoo yang ditambahkan dengan air panas.
  2. Septic Tank yang digunakan tidak mempunyai pembuangan gas. Penyebab lain yang bisa menyebabkan wc di rumah Anda mampet ialah disebabkan oleh septic tank yang digunakan untuk tempat pembuangan kotoran tidak mempunyai pembuangan gas. Melihat hal ini, tentu tidak mengherankan bila saluran air di rumah Anda pun selalu mampet, meski sudah diperbaiki berulang kali.
  3. Pipa PVC yang dipakai untuk mengalirkan kotoran terlalu kecil. Sebaiknya Anda mengetahui berbagai jenis pipa agar bisa menggunakan jenis untuk fungsi yang tepat. Pastikan, saat Anda akan menggunakan pipa PVC yang dipakai untuk mengalirkan segala macam kotoran sebaiknya gunakan pipa yang berukuran besar. Sebab, pipa saluran yang berukuran terlalu kecil, ternyata malah dapat menyebabkan saluran wc menjadi tersumbat. Meski, Anda sudah berulang kali memperbaikinya tapi pipa yang digunakan ukurannya sangat kecil, maka dapat dipastikan saluran wc Anda pun akan sering mengalami mampet.
  4. Terjadi penyumbatan di leher pipa. Selanjutnya, yang menyebabkan saluran wc bisa mampet karena adanya penyumbatan yang terjadi di leher pipa. Biasanya, penyumbatan ini terjadi disebabkan oleh masuknya benda asing yang tidak bisa dihancurkan oleh air seperti misalnya bungkus shampoo, rambut, bekas pembalut, dan lainnya.

Itu beberapa penyebab yang bisa menyebabkan saluran wc di rumah Anda sering mampet. Semoga membantu! –SH–