Home Berita

Begini Memilih Investasi Saham yang Baik

Ini, cara memilih investasi saham yang baik dan benar!

103
0
SHARE

Memang, menginvestasikan dana dalam bentuk investasi saham memberikan keuntungan yang cukup besar bagi para penginvestasinya. Bagaimana tidak, saat penginvestasi memutuskan untuk menginvestasi dana yang dimilikinya ke saham, maka dana yang diinvestasikan akan berlipat ganda. Sebab, dana yang masuk ke investasi saham akan terus berkembang. Terlebih lagi, bila penginvestasi memasukkan saham ke pihak reksa dana saham, tentu dana yang didapatkan pun akan lebih banyak daripada investasi lainnya.

reksa dana saham
source : Google

Kendati memberi banyak keuntungan, namun sebelum berniat untuk berinvestasi di bidang saham ini, alangkah baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara memilih investasi saham yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa diantaranya, check this out;

  1. Memilih perusahaan yang tidak mempunyai utang besar. Bagi Anda yang ingin menginvestasikan dana ke bentuk investasi saham, sebaiknya pilihlah perusahaan yang tidak mempunyai utang besar. Sebab, jika perusahaan yang Anda investasikan ternyata memiliki banyak utang, tentu uang yang Anda investasikan pun tidak akan memberi keuntungan untuk Anda.
  2. Melihat apakah instansi yang akan diinvestasikan mempunyai model bisnis jelas. Apabila Anda tertarik menginvestasikan dana berupa saham, ada baiknya sebelum melakukan investasi di bidang ini Anda melihat apakah instansi yang nantinya akan diinvestasikan dana mempunyai model bisnis yang jelas. Akan tetapi, jika model bisnis yang dijalankan tidak jelas, maka jangan coba-coba untuk berinvestasi sebab hanya akan mendatangkan kerugian untuk Anda.
  3. Perusahaan konsisten dalam peningkatan laba. Selanjutnya, yang diperhatikan saat akan berinvestasi saham adalah melihat apakah perusahaan yang Anda jadikan tempat investasi tetap konsisten dalam peningkatan laba bisnis yang dijalaninya. Namun, jika laba yang didapatkan sebuah perusahaan terus menurun, sebaiknya tidak menginvestasikan dana Anda pada perusahaan tersebut.
  4. Memilih perusahaan yang memang sudah terkenal. Untuk memperoleh keuntungan yang besar saat berinvestasi, Anda pun diharuskan untuk memilih perusahaan yang memang sudah terkenal di kalangan masyarakat maupun klien yang bekerjasama dengan perusahaan tersebut. Kenapa? Yap, ini bertujuan supaya dana yang diinvestasikan jelas perkembangannya sekaligus untuk menghindari supaya Anda tidak tertipu.

Itu sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara memilih investasi saham yang baik. Bagi Anda yang memutuskan untuk menggunakan jasa pihak ke-3 seperti bank kustodian, manajer investasi atau APERD untuk mengurus investasi Anda, pastikan Anda tahu tugas bank kustodian, manajer investasi dab APERD dalam investasi reksa dana terlebih dahulu. Jangan sampai salah pilih. Semoga ulasan tersebut memberikan manfaat! –SH–