Home Liburan

Kunjungi Candi Terkenal di Yogyakarta, Yuks! (bagian 1)

Tidak hanya dikenal memiliki wisata alam yang memesona, kota Yogyakarta pun juga dikenal menyimpan berbagai macam candi dengan tampilan yang sungguh menawan.

114
0
SHARE

Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata di Indonesia. Selain mempunyai pemandangan alam yang sangat memesona, kota Yogyakarta yang bisa ditemukan di situs ITX Indonesia ini pun cukup terkenal menyimpan berbagai macam keindahan candi dengan bentukan sekaligus sejarah yang berbeda. Tidak hanya satu, namun candi yang dimiliki oleh kota Yogyakarta ini terdiri dari puluhan candi yang bisa didatangi jika berkesempatan berlibur ke kota satu ini.

Lantas, candi mana sajakah yang bisa didatangi bila tengah berkunjung ke kota Yogyakarta ini? Berikut adalah beberapa diantaranya, simak yuks!

  • Candi Prambanan
ITX Indonesia
source : Google

Bagi masyarakat Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan candi satu ini. Berada di kawasan kota Yogyakarta, candi Prambanan atau dikenal pula dengan candi Roro Jonggrang ini dulunya dibangun oleh Bandung Bondowoso pada tahun 850 Masehi. Di tahun 1991, candi dengan bangunan yang menjulang tinggi ini ditetapkan sebagai warisan dunia oleh pihak UNESCO.

Seperti yang sudah sangat jelas kita ketahui, dibangunnya candi Prambanan ini tak lain tak bukan karena disebabkan oleh adanya permintaan seorang perempuan cantik bernama Rara Jonggrang yang meminta supaya dibuatkan 1.000 candi dalam waktu hanya satu malam kepada pria yang jatuh hati padanya, yakni Bandung Bondowoso. Akan tetapi, ketika candi hampir selesai dibuat, Rara Jonggrang malah meminta bantuan warga untuk menggagalkan aksi yang telah dilakukan Bondowoso dengan cara menyalakan api besar supaya terlihat sudah pagi. Merasa dicurangi, akhirnya Bandung Bondowoso mengutuk Rara Jonggrang menjadi candi ke 1.000 karena sebelumnya baru selesai 999 candi.

  • Candi Sewu
ITX Indonesia
source : Google

Masih berdekatan dengan candi Prambanan, candi Sewu yang didirikan sekitar abad ke 8 ini merupakan candi Budda kedua tersebar setelah candi Borobudur yang dulu sempat masuk keajaiban dunia. Memiliki hanya 249 candi yang berdiri kokoh di kawasan ini, namun masyarakat di sekitar candi malah menamakan candi yang berada di Dukuh Bener, Desa Bungisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Yogyakarta ini dengan sebutan Sewu yang bisa diartikan sebagai seribu. Dinamakannya candi yang satu ini dengan seribu candi karena terinspirasi dari kisah Rara Jonggrang yang dikutuk menjadi sebuah candi oleh Bandung Bondowoso.

  • Candi Kalasan
ITX Indonesia
source : Google

Candi Kalasan atau Candi Tara merupakan sebuah candi yang dibuat sebagai hadiah atas pernikahan Dyah Pramudya Wardhani dari dinasti Syailendra dengan Pancapana dari Sanjaya. Menurut kisah, pembuatan candi kalasan ini selesai pada tahun 778 Masehi, sehingga candi ini masuk ke dalam kategori candi Buddha tertua di kota Yogyakarta dengan dilengkapi dengan tiga tingkatan candi. Dimana, ada bagian kaki, tubuh, sekaligus atap candi.

Bagaimana? Kamu tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan ketiga candi di atas? Ah iya, masih banyak loh candi terkenal yang berdiri kokoh di kota Yogyakarta. Jangan lupa saksikan di bagian dua, ya! –SH–