Home Rumah

Tips Mudah Bersihkan Beberapa Peralatan Dapur Ini!

Agar tak kotor dan berkerak, yuk rajin membersihkan peralatan dapur di rumah!

182
0
SHARE
membersihkan peralatan dapur
source : okezone

Ketika membeli rumah baru di Cibubur, Anda pasti menambahkan berbagai perabotan hingga peralatan dapur. Nah, khusus untuk peralatan dapur, tentu peralatan ini akan selalu Anda gunakan setiap hari dan akan mudah sekali kotor maupun berkerak, kan? Karena itu, ada beberapa tips membersihkan peralatan dapur yang bisa Anda terapkan di rumah. Apa sajakah itu? Langsung disimak, yuk!

  1. Microwave. Selain bisa digunakan untuk membuat kue, microwave pun bisa dijadikan sebagai tempat untuk memasak makanan, baik makanan yang hanya sekedar dihangatkan maupun makanan mentah. Karena kerap digunakan untuk dua hal ini, maka tidak heran bila microwave kerap menjadi tempat berkumpulnya sisa-sisa makanan. Jika sisa-sisa makanan ini tidak segera dibersihkan, lama-kelamaan tentu bisa mengeras dan akan sulit dibersihkan. Namun demikian, Anda tetap bisa kok menghilangkan sisa makanan ini dengan cara memanaskan semangkuk air dalam microwave biarkan sampai mengeluarkan embun. Setelah itu, dinginkan microwave barulah kemudian bersihkan sisa makanan tersebut dengan kain lap.
  2. Wajan. Kerap dijadikan sebagai peralatan untuk memasak makanan, baik kuah, goreng, maupun santan, maka wajan pun akan sangat mudah sekali berkerak. Jika kerak ini dibiarkan, tentu akan sangat mengganggu proses masak-memasak bahkan terkadang rasa makanan pun menjadi tidak karuan. Untuk itu, Anda bisa menghilangkan kerak ini dengan cara menaburi wajan yang berkerak dengan garam, kemudian sikatlah wajan tersebut sampai kerak hilang. Agar hasilnya maksimal, lakukan cara ini setiap hari.
  3. Talenan kayu. Sebagai ibu rumah tangga, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan peralatan satu ini, kan? Yap, talenan sering digunakan untuk memotong sayuran, daging, ikan, ayam, dan sebagainya karena itu akan sangat mudah amis. Untuk menghilangkan bau amis ini, maka Anda tinggal mengambil satu buah jeruk nipis maupun lemon. Potong menjadi dua bagian, lalu gosokkan potongan tersebut pada permukaan talenan. Dijamin, amis pada talenan pun bisa hilang dengan sangat cepat.
  4. Wastafel. Wastafel masih menjadi bagian dari peralatan dapur karena digunakan sebagai tempat untuk mencuci peralatan memasak maupun piring. Ketika Anda mencuci peralatan tersebut dan ada sisa-sisa makanan yang tertinggal, tentu bisa menyebabkankan wastafel berbau sekaligus menjadi sarang kuman penyakit, kan? Karena itu, Anda bisa menghilangkan masalah ini dengan bantuan baking soda. Ambil beberapa sendok baking soda campurkan dengan air dan aduk hingga membentuk pasta. Lalu, langsung gosokkan pada wastafel, diamkan beberapa menit selanjutnya bilas dengan air bersih.

Bagaimana? Mudah sekali bukan membersihkan peralatan dapur di rumah Anda? –SH–