Home Properti

Sebelum Memilih Lantai Granit, Ketahui Ini Dulu

Ini dia beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli lantai granit!

133
0
SHARE

Saat membangun atau merenovasi rumah, biaya menjadi hal yang harus diperhatikan. Sebab, biaya yang dibutuhkan pastilah tidak sedikit. Bahkan meskipun Anda memilih untuk menggunakan kusen dengan material UPVC karena harga kusen UPVC terjangkau dan tidak terlalu mahal, biaya pembangunan tetap bisa tinggi jika komponen lainnya menggunakan yang mahal. Misalnya saja jika Anda memilih untuk menggunakan lantai granit pada seluruh ruangan rumah Anda.

memilih lantai granit
source : dekoruma

Yap, lantai granit memang menjadi pilihan banyak orang. Baik lantai granit dengan motif polos maupun tidak. Hal ini tidak lepas dari kelebihan yang dimiliki oleh lantai ini, yaitu:

  • Kuat

Lantai granit memiliki kekuatan yang cukup baik karena melalui pembakaran suhu tinggi saat proses pembuatannya, yaitu sekitar 1.230 derajat celcius. Tidak hanya itu, lantai granit juga melalui proses press dengan kekuatan 7.200 PH setelah proses pembakaran. Itulah sebabnya, lantai granit sangatlah kuat.

  • Indah

Lantai granit sangat indah dipandang mata, bahkan untuk motif yang standar sekalipun. Apalagi jika Anda menggunakan granit dengan motif tertentu. Tidak hanya itu, lantai granit juga memiliki tingkat presisi dengan akurasi yang tinggi sehingga hanya membutuhkan nat dengan jarak yang sangat kecil.

  • Awet

Selain itu, pada lantai granit terdapat lapisan yang membuat tampilannya semakin mengkilap dan lapisan ini tidak mudah hilang juga tergores. Kecuali jika Anda menggunakan benda tajam untuk menggoresnya. Sekalipun lantai granit tergorees, jika hanya terdapat goresan kecil, maka Anda tidak perlu menggantinya langsung. Sebab goresan ini tetap tidak akan merusak lantai granit, kecuali jika goresannya cukup parah.

Namun, sama halnya dengan barang lain yang tidak hanya memiliki kelebihan saja, lantai granit juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Mahal

Dibandingkan dengan lantai keramik biasa, hargaa lantai granit tergolong mahal. Itulah sebabnya, jika Anda membangun atau merenovasi rumah dengan dana terbatas, lantai ini tidak bisa dijadikan pilihan. Atau, Anda tetap bisa menggunakannya hanya untuk beberapa ruangan saja.

  • Pemasangan harus berhati-hati

Pemasangan lantai granit harus dilakukan secara hati-hati karena lantai ini berat dan keras. Jadi jika tidak dilakukan oleh profesional, bisa jadi lantai granit akan rusak saat proses pemotongan. Tidak hanya itu, pastikan pondasi Anda mampu menahan beban lantai ini karena bobotnya jauh lebih berat dibandingkan dengan lantai keramik biasa.

  • Perlu perawatan

Lantai granit memang awet, tetapi tanpa adanya perawatan yang tepat akan membuat lantai ini cepat rusak. Jadi, pastikan Anda mengetahui cara perawatannya sebelum menggunakannya.

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, apa Anda tetap tertarik menggunakan lantai ini? (Vita)