Home Apartemen

Tips Mengorganisir Barang-barang Agar Rumah Lebih Rapi

Agar barang di rumah tidak terlihat berantakan, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Cobain, deh!

194
0
SHARE
tips menata perabotan rumah
source : iloveproperty

Seringkali ketika sedang melewati toko perabotan, banyak orang tertarik untuk membeli produk perlengkapan rumah yang lucu. Padahal, belum tentu ia memerlukannya. Apakah kamu termasuk tipe orang yang seperti ini? Kalau ya, maka kemungkinan rumahmu dipenuhi dengan berbagai macam perabotan. Nah, masalahnya, semakin banyak perabotan, rumah akan semakin terlihat penuh dan berantakan. Untuk itu, kamu memerlukan tips mengorganisir barang-barang agar rumah terlihat lebih rapi dan sedap dipandang. Bagaimanakah tipsnya? Ini dia!

  • Siapkan tempat organizer

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah menyediakan tempat organizer seperti rak, laci atau kontainer. Pasalnya, kamu tidak bisa merapikan barang-barang tanpa organizer. Organizer akan membuat barang-barang yang kamu tumpuk terjaga rapi dan lebih enak dipandang.

  • Pilah barang-barangmu

Pilah barang-barangmu – mana yang masih terpakai dan mana yang tidak. Donasikan atau jual barang-barang yang sudah tidak terpakai. Dengan begitu, barang-barangmu akan berkurang. Semakin sedikit barang, semakin mudah menatanya.

  • Susun sesuai dengan kategori

Saat merapikan barang-barang baik pakaian, aksesoris fashion, atau pun peralatan dapur, kamu bisa menyusunnya sesuai dengan kategori. Misalnya, ketika membereskan dapur, kamu bisa menyusun peralatan makan di letak yang berdekatan dan menyusun peralatan memasak di sisi lainnya.

  • Color coordinate

Akan lebih bagus lagi selain menyusun barang-barang sesuai kategori, kamu juga mengaturnya berdasarkan warna. Tips ini bisa diterapkan ketika kamu menyusun skincare atau makeup. Pasti hasilnya akan terlihat lebih rapi.

  • Sekat dalam lemari

Meskipun sudah diletakkan di lemari atau laci, tapi barang-barangmu masih terlihat berantakan? Coba gunakan sekat pemisah antara barang-barang tersebut. Misalnya untuk kaus kaki, kamu bisa menggunakan sekat atau organizer yang terdiri dari banyak kotak untuk menaruh kaos kakimu. Dengan begitu, kaos kaki tidak akan tercampur dan kamu pun lebih mudah memilihnya.

  • Rak gantung

Jika ruang horizontal sudah terlihat penuh, maka saatnya untuk memanfaatkan ruang vertikal. Maka dari itu, kamu membutuhkan rak gantung atau rak yang ditempel di dinding. Kamu bisa meletakan berbagai barang seperti kacamata, notes kecil, mainan dan lainnya di rak gantung ini. Selain membuat ruangan jadi lebih rapi, rak gantung juga dapat menghemat ruangan, sehingga cocok diterapkan di ruangan mungil.

Itulah beberapa tips yang mungkin bermanfaat untukmu. Selamat mencoba! (Rima)