Home Mobil

Suka Ngerem Mobil Matic Secara Mendadak? Ini Dampaknya!

Suka mengerem mobil matic secara mendadak? Jika ya, maka kamu akan merasakan beberapa dampak.

173
0
SHARE

Aktivitas mengerem memang tidak akan bisa lepas dari pengemudi, salah satunya pengemudi mobil matic. Gimana bisa lepas, aktivitas tersebut berperan penting untuk menghentikan laju mobil apabila sudah sampai di tempat tujuan. Meskipun begitu, saat berkendara, pastikan untuk atur kecepatan Anda agar terhindar dari kebiasaan rem mendadak. Sebab, meskipun Anda sudah menggunakan oli mobil terbaik sekalipun, kebiasaan tersebut tetaplah berbahaya. Apalagi jika terjadi ban pecah saat mobil melaju kencang, hal tentunya sangat berbahaya karena sistem pengereman tidak mampu berfungsi maksimal.

dampak buruk mengerem mobil matic secara mendadak
source : google

Selain berbahaya, melaju kencang dan kemudian melakukan pengereman mendadak juga bisa memberikan dampak buruk bagi kendaraan, di antaranya:

  1. Merusak komponen transmisi. Dampak yang akan ditimbulkan jika kamu suka rem secara mendadak adalah dapat merusak bagian komponen transmisi mobil & elekronik pengatur transmisi. Kondisi ini terjadi akibat berpindahnya gir transmisi ke gigi yang lebih rendah secara tiba-tiba, sehingga menimbulkan kerusakan pada bagian transmisi dan clutch Nah, kerusakan yang ditimbulkan biasanya berupa retakan yang muncul di bagian bearing pada torque converter.
  2. Merusak bagian komponen kaki-kaki. Tidak hanya transmisi, terjadinya pengereman mendadak ini juga dapat merusak komponen kaki-kaki mobil. Bagian tersebut adalah sebagai berikut:
  • Ban. Ban merupakan salah satu komponen paling penting pada kendaraan karena berguna untuk menjaga kestabilan dari kendaraan tersebut. Ban memiliki permukaan yang sangat kasar, akan tetapi jika selalu terjadi pengereman mendadak permukaan ban tersebut tentu lama-kelamaan licin dan dapat membahayakan pengemudi.
  • Shockbreaker. Shockbreaker sendiri berfungsi sebagai komponen peredam goncangan yang terjadi pada saat pengereman. Namun, apabila pengereman tersebut dilakukan terlalu mendadak, maka komponen ini menerima beban yang sangat berlebihan dan membuatnya cepat rusak.
  • Bearing roda. Bagian lainnya yang bisa mengalami kerusakan akibat dari mengerem mendadak ini adalah bearing roda. Bearing roda sendiri berperan penting untuk menumpu bantalan roda. Jika terjadi pengereman mendadak, maka dapat membuat komponen pecah.
  1. Membuat tidak nyaman. Saat berkendara, pastikan untuk tidak mengerem secara mendadak. Lantaran, melakukan ini membuat orang yang berada di dalam mobil menjadi tidak nyaman, khususnya penumpang. Hal ini karena ketika mengerem, kondisi tubuh akan maju ke depan dan terkadang wajah malah terkena bagian tumpuan kepala kursi di bagian depan.

So, jangan pernah mengerem secara tiba-tiba jika gak mau mengalami beberapa dampak di atas, ya! –SH–