Home Tips & Trick

Sering Menatap Layar Komputer? Waspadai Mata Lelah!

Keseringan menatap layar komputer? Hati-hati bisa menyebabkan mata lelah!

318
0
SHARE
mata lelah ketika menatap komputer
source : MSN

Di masa yang serba menggunakan internet cepat ini, pastinya kita diharuskan untuk menghadap dan melihat ke layar smartphone, laptop, maupun komputer secara terus menerus. Pasti kamu sudah tahu kalau menghabiskan waktu selama 5 jam di depan layar komputer sangatlah tidak sehat, apalagi jika pekerjaan mengharuskan kita melihat ke layar komputer selama 9 jam setiap harinya. Mata pastinya akan menjadi sangat sakit dan lelah. Mata yang lelah ini biasanya diakibatkan karena terlalu lama berada di depan komputer. Berikut adalah beberapa gejala mata lelah secara umum:

  • Mata iritasi atau tegang
  • Sulit untuk fokus
  • Mata kering atau basah
  • Penglihatan ganda atau kabur
  • Meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya
  • Nyeri di leher, pundak, dan punggung

Nah, jika kamu merasa sudah mengalami beberapa gejala yang dituliskan di atas akan sangat disarankan bagi kamu untuk mencegah gejala-gejala lainnya. Untuk mencegah gejala-gejala tersebut , simak cara-cara yang dapat kamu lakukan di bawah ini agar mata kamu kembali sehat. (source:hellosehat)

  1. Membuat layar komputer ‘bersahabat’

Untuk membuatnya bersahabat kamu dapat meletekkannya sekitar 50-60 cm jauh dari mata kamu. Selain itu, bersihkan juga debu dan sidik jari dari layar. Noda pada layar bisa mengurangi kontras dan meningkatkan cahaya dan refleksi. Jangan lupa juga untuk menggunakan filter pada layar komputer kamu.

  1. Ubah lingkungan kerja

Ubahlah lingkungan kerja kamu dengan menyesuaikan penerangan ruangan agar menjadi lebih terang ataupun gelap jika dibutuhkan. Selain itu, kamu juga akan sangat disarankan untuk menggunakan kursi yang dapat diatur ketinggiannya agar punggung dan leher tidak sakit.

  1. Jangan hanya kerja

Jika kamu terkadang merasa lelah dengan menatap komputer, dianjurkan untuk menatap sesuatu selain layar komputer yang berjarak agak jauh. Jangan lupa juga untuk berkedip pada saat bekerja dan istirahatlah jika merasa kamu terlalu terpaku dengan pekerjaan selama waktu yang cukup lama.

Gimana, sering mengalami mata lelah ketika menatap layar komputer? Coba lakukan cara-cara yang sudah dituliskan di atas, ya!