Home Tips & Trick

Aturan Dasar Table Manner yang Seharusnya Anda Ketahui

Ini dia etika makan atau table manner yang wajib diketahui. Simak, yuk!

303
0
SHARE
aturan dasar table manner
source : google

Minggu depan ada undangan makan bersama rekan bisnis di HARRIS Café? Jamuan makan yang bersifat resmi memang kerap jadi agenda rutin yang diadakan oleh perusahan. Karena jamuan makan bersifat resmi, tentunya Anda harus mengerti etika makan atau table manner, paling tidak dasarnya saja. Namun bukan berarti table manner hanya diperlukan ketika Anda menghadiri jamuan makan resmi saja, table manner diperlukan baik saat makan bersama rekan bisnis ataupun keluarga. Oleh sebab itu, semua orang perlu memahami seperti apa table manner yang tepat.

  • Atur posisi duduk

Menerapkan table manner yang tepat dimulai dari mengatur posisi duduk. Pastikan posisi duduk Anda tegak, tidak bungkuk, atau bersandar. Posisi duduk yang tepat, saat memegang peralatan makan, letakkan siku di atas meja tetapi  jangan sampai bersentuhan dengan orang di sebelah.

  • Etika menggunakan peralatan makan

Jangan bingung, peralatan makan yang disediakan saat jamuan makan formal pasti lebih dari sekadar piring, sendok, dan garpu. Jika disediakan lebih dari satu pasang peralatan makan, gunakan dahulu yang terletak paling jauh dari piring. Untuk sendok, garpu dan pisau, Anda bisa memegang ujung tangkainya dengan dijepit di antara ibu jari dan telunjuk, sementara tiga jari lainnya menahan tangkai sendok bagian bawah. Kemudian, sendok dan pisau tepatnya dipegang di tangan kanan.

  • Peletakan serbet

Nah, ini dia aturan yang sebenarnya sederhana tapi banyak yang tidak tahu. Jika jamuan makan bertempat di restoran, Anda boleh langsung meletakkan serbet di pangkuan. Namun jika perjamuan berada di kediaman, Anda harus menunggu tuan rumah meletakkan serbet di pangkuannya terlebih dahulu. Kemudian, serbet hanya berfungsi untuk mengelap bibir dan jari tangan setelah makan.

  • Berbicara saat makan

Jamuan makan biasanya diadakan untuk menjalin hubungan dan meningkatkan keakraban satu sama lain. Oleh karena itu Anda harus berkomunikasi dengan yang lain saat makan. Namun, berbicaralah dengan volume suara yang rendah dan tidak saat sedang mengunyah makanan. Kemudian jangan menatap mata orang lain ketika ia sedang makan.

Kurang lebih itulah beberapa hal dasar yang perlu Anda ketahui saat mendatangi jamuan makan resmi. Semoga bermanfaat!