Home Mobil

5 Negara dengan Denda Tilang Termahal, Indonesia Salah Satunya?

Ini negara dengan biaya tilang termahal di dunia. Sudah tau?

95
0
SHARE

Biaya membeli oli mesin mobil terbaik memang mahal, tetapi lebih murah dibanding harus membayar service jika terjadi kerusakan mobil akibat penggunaan oli yang kurang berkualitas. Sama halnya dengan berkendara, mematuhi peraturan lalu lintas terkadang menyebalkan, tapi tak ada apa-apanya dibanding harus terkena tilang dan membayar denda.

denda kena tilang di beberapa negara
source : viva

Bicara seputar tilang menilang, beberapa negara ternyata ada yang menerapkan denda tilang yang sangat mahal. Apakah Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara tersebut? Mari kita cari tahu jawabannya di bawah ini!

  • Swiss

Biaya denda di Swiss sebenarnya relatif, sesuai dengan kekayaan pengemudi. Namun, hal ini justru bisa membuat nominalnya sangat tinggi. Memang orang-orang yang tidak terlalu kaya tidak akan dikenakan denda yang besar, tetapi bagi orang yang memiliki banyak harta, biaya tilang bisa mencapai angka yang fantastis. Misalnya saja terdapat sebuah kasus pengendara Ferrari yang terkena tilang akibat melebihi batas kecepatan berkendara. Nilai tilang yang dikenakan pada pengemudi ini jika dirupiahkan bisa mencapai Rp3,6 miliar. Jumlah yang fantastis, bukan?

  • Finlandia

Layaknya Swiss, di Finlandia besaran denda tilang juga disesuaikan dengan pendapatan pengendaranya. Ada juga kasus serupa, pengendara yang melebihi batas kecepatan dikenakan tilang dengan denda setara dengan Rp72 juta.

  • Jerman

Jerman juga tak kalah ketat dalam urusan tilang menilang. Bahkan total denda maksimal di Jerman bisa mencapai 9 juta. Ditambah lagi ada hukuman tambahan seperti tidak boleh mengemudi selama tiga bulan. Oleh sebab itu, banyak orang yang menghindari risiko ini dengan memilih naik transportasi umum.

  • Ghana

Negara di Afrika ini pun tak mau kalah. Denda parkir di Ghana saja bisa mulai dari Rp750 ribu hingga Rp8 juta. Padahal hal ini hanya meliputi masalah parkir, belum pelanggaran berat. Lantas, berapa denda yang dikenakan untuk pelanggaran lalu lintas lainnya? Pelanggaran seperti menerobos lampu merah dan lain-lain bisa dikenakan denda sebanyak Rp8 juta.

  • Indonesia

Yap, ternyata Indonesia masuk ke dalam list negara dengan denda termahal. Untuk pelanggaran kecil, denda pelanggaran lalu lintas biasanya mulai dari Rp500 ribu. Sementara untuk pelanggaran berat, denda bisa mencapai Rp3 juta. Nominal ini ternyata tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Jadi, di mana pun Anda berada jangan sampai terkena tilang dan denda akibat melanggar lalu lintas, ya!

LEAVE A REPLY