Home Kesehatan

Semangka, Buah Segar yang Kaya Akan Manfaat!

Buah semangka berwarna merah sekaligus menyegarkan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, loh. Yuk, cek manfaat yang diberikan!

399
0
SHARE

Anda pasti kenal dengan buah satu ini? Yap, semangka merupakan salah satu buah segar yang sangat bagus untuk tubuh dan termasuk dalam anggota Cucurbitaceae Botani. Di dalam buah ini tersimpan berbagai nutrisi seperti vitamin, kalsium, kalium, natrium, null kalori, lemak baik, serat, mineral, dan karbohidrat yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Melansir dari sehatfisik, buah semangka ini juga dipercaya dapat digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi  dalam tubuh karena kandungan yang dimilikinya. Jadi, sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang telah menyadari pentingnya menjaga kadar kolesterol tetap normal.

manfaat buah semangka
source : alodokter

Di samping itu, buah semangka ini juga memberikan manfaat lain untuk tubuh, di antaranya: (source: manfaat.co.id)

  1. Kurangi minyak berlebih pada wajah. Anda punya masalah dengan minyak di wajah? Cobalah atasi dengan menggunakan buah semangka. Bisa, kah? Jawabannya tentu bisa, sebab buah segar ini mengandung vitamin A yang sangat tinggi sehingga dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Caranya? Cukup mengambil satu potongan kecil buah semangka, kemudian buang biji buah tersebut lalu tumbuk kasar. Setelah itu, tempelkan pada wajah dan diamkan hingga beberapa menit. Selanjutnya, Anda bisa mencuci bersih wajah dengan air hangat.
  2. Cegah sariawan yang berkembang biak di dalam mulut. Sering mengalami sariawan? Anda bisa mengobatinya dengan cara rutin memakan buah semangka utuh. Kenapa harus semangka? Sebab buah ini kaya akan kandungan vitamin dan air sehingga dapat mengurangi sariawan yang muncul pada mulut akibat dari perkembang biakan bakteri. Agar pengobatannya semakin cepat, Anda bisa pula mengonsumsi buah lemon, jeruk, dan jambu biji.
  3. Atasi peradangan & tangkal radikal bebas. Tingginya kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang tersimpan di dalam buah semangka ini, dapat membantu mengatasi peradangan sekaligus menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Tidak cukup sampai disitu, buah ini juga mengandung triterpenoid yang bermanfaat untuk menghambat aktivitas enzim yang dapat meningkatkan terjadinya peradangan.

Selain khasiat di atas, buah semangka juga dapat bermanfaat untuk:

  • Mencegah penuaan dini
  • Menjaga kelembapan kulit
  • Meremajakan kulit
  • Memelihara kesehatan ginjal
  • Mengurangi risiko diserang hipertensi
  • Mengurangi berat badan
  • Mencegah dehidrasi

Itulah beberapa manfaat yang diberikan oleh buah semangka untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat! –SH–