Home Kesehatan

Siapa Sangka, Biji Buah Pepaya Sangat Bermanfaat untuk Tubuh

Ternyata, buah pepaya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, loh! Yuk, cek manfaatnya!

292
0
SHARE

Apakah Anda sering membuang biji buah pepaya? Jika ya, maka mulai dari sekarang jangan pernah lagi membuang biji buah tersebut. Mengapa? Sebab biji buah ini memberi banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah dapat meredakan sakit maag yang kerap menjangkiti tubuh dan cocok dijadikan sebagai obat penyakit lambung. Hal ini bukan tanpa sebab, biji buah pepaya sendiri mengandung enzim caricain, papain, chymopapain sehingga semua kandungan ini sangat bermanfaat untuk membantu mengobati sakit maag.

manfaat biji pepaya
source : merdeka

Tidak hanya sakit maag, biji pepaya juga berkhasiat untuk beberapa hal penting berikut, di antaranya:

  1. Melancarkan sistem pencernaan. Anda sedang mengalami sembelit? Maka, konsumsilah ramuan biji pepaya. Dipercaya, biji buah berwarna hitam ini sangat ampuh mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan karena mengandung enzim papain. Bagaimana cara membuatnya? Ambil satu genggam biji buah pepaya, kemudian tumbuk atau blender hingga halus. Setelah halus, tinggal campurkan ke dalam satu gelas air putih, aduk, dan langsung minum. Agar hasil yang diberikan maksimal, minumlah ramuan ini rutin setiap hari.
  2. Menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Melansir dari mediskus, di dalam biji pepaya ini tersimpan kandungan antioksidan jenis fenolik dan flavonoid. Kedua kandungan ini sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas yang tanpa sengaja masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya itu, biji pepaya ini juga mengandung imunomodulatori yang dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dalam tubuh (Journal of Agricultural and Food Chemistry).
  3. Meredakan radang pada bagian tubuh tertentu. Siapa yang bisa menduga, biji pepaya ini juga ampuh dalam meredakan radang yang muncul pada otot sendi dan bagian tubuh tertentu karena kaya akan kandungan anti-inflamasi. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi kerongkongan akibat GERD. Di samping itu, kandungan ini juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit, bengkak, dan kemerahan yang timbul pada bagian kulit. Bagus banget, kan?

Nah, selain ketiga kandungan yang sudah dituliskan tersebut, biji buah pepaya pun sangat bermanfaat untuk:

  • Bantu hilangkan uban yang tumbuh di kulit kepala
  • Mampu mengontrol kesuburan
  • Membunuh parasit dan bakteri berbahaya yang masuk ke dalam tubuh
  • Menjaga ginjal agar tetap sehat
  • Menyehatkan organ hati.

Mengingat betapa bagusnya manfaat biji pepaya untuk kesehatan tubuh, maka jangan pernah lagi membuangnya, ya! Semoga bermanfaat. –SH–