Home Asuransi

Sebelum Membeli Asuransi Kebakaran, Simak Dulu Hal Ini!

Anda mau membeli asuransi kebakaran? Simak dulu beberapa hal ini!

213
0
SHARE

Anda mempunyai rencana untuk membeli asuransi kebakaran? Jika, ya! Maka, sebelum membeli asuransi untuk kebakaran rumah ini, ada baiknya Anda harus mengetahui beberapa hal penting yang menyangkut asuransi ini terlebih dahulu. Mengapa sangat penting untuk Anda ketahui? Yup, dengan diketahuinya banyak hal sebelum dilakukannya pembelian asuransi yang satu ini, tentu akan membuat Anda memahami semua kewajiban sekaligus hak yang harus disiapkan apabila Anda berniat untuk membeli asuransi yang berhubungan dengan kebakaran ini. Selain itu, jika Anda sudah memahami banyak hal, maka saat pengajuan klaim asuransi ini pun nantinya tidak akan pernah ditolak oleh pihak asuransi.

asuransi kebakaran
asuransi kebakaran

Lalu, apa sajakah hal penting yang harus Anda ketahui dan simak, sebelum dilakukannya pembelian asuransi untuk kebakaran ini? Inilah beberapa diantaranya:

  1. Memahami semua prosedur klaim asuransi. Sebelum Anda membeli asuransi untuk kebakaran ini, alangkah baiknya Anda harus memahami semua prosedur klaim asuransi yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Dipahaminya semua prosedur klaim asuransi ini, mulai dari dokumen sekaligus apa saja syarat yang harus dipenuhi, maka pada saat Anda akan mengajukan klaim asuransi tentu tidak akan pernah ditolak oleh pihak penanggung asuransi.
  2. Berhati-hati apabila sudah berhubungan dengan persyaratan polis asuransi. Pada saat membeli asuransi ini, ada baiknya Anda harus berhati-hati apabila sudah berkaitan dengan persyaratan asuransi. Jika melakukan kesalahan, bisa jadi klaim asuransi kebakaran akan tertolak dan pihak asuransi pun tidak akan menanggung semua hal yang berhubungan dengan tanggungannya. Seperti contohnya, pada saat Anda melakukan pembelian asuransi kebakaran ini, tetapi malah tidak memasukkan minimal empat tabung kebakaran, tentu saja bisa dipastikan pihak asuransi pun tidak akan membayar klaim yang Anda minta. Agar lebih jelas, untuk itu saat membeli asuransi, jangan lupa menanyakan hal ini ke perusahaan asuransi.
  3. Mengetahui berapa potongan klaim yang diberikan pihak asuransi. Terkadang, pemotongan klaim yang diberikan oleh pihak asuransi tidak akan pernah diberitahukan kepada para nasabahnya ada atau tidaknya pemotongan ini. Padahal, pemotongan yang dilakukan pun biasanya sungguh sangat besar. Sehingga, sebelum mensahkan pembuatan asuransi ini, sebaiknya Anda harus mengetahui dan bertanya apakah asuransi yang Anda buat memberikan potongan klaim atau tidak. Jika ada, tanyakan pula berapakah pemotongan yang dibebankan pada Anda.
  4. Pertanggungan yang diberikan tidak menjamin semua kerusakan pada harta benda. Biasanya, pihak asuransi pun tidak akan menanggung maupun menjamin semua kerusakan yang terjadi pada harta benda Anda. Maka dari itu, saat pembuatan asuransi ini, ada baiknya Anda mengetahui dengan jelas apa sajakah tanggungan yang diberikan. Dan, pada umumnya perusahaan asuransi hanya akan menanggung kerusakan pada perabot, bangunan, mesing, barang dagangan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda simak, sebelum membeli asuransi untuk kebakaran ini. Semoga bermanfaat, ya! –SH–