Home Makanan

Soto Asli Indonesia yang Cocok Dimakan Saat Hujan (part II)

Ini nih beberapa soto Indonesia yang bisa dinikmati pada saat musim hujan!

227
0
SHARE

Bagi kalian yang masih setia menunggu kelanjutan artikel mengenai soto asli Indonesia, yang bisa ditemukan di berbagai restaurant di luxury resort residence Jakarta dan sangat cocok dimakan ketika musim hujan. Maka, di artikel ini akan kami lanjutkan kembali beberapa sotonya. Tidak jauh berbeda dengan artikel pertamanya, inilah soto asli khas Indonesia yang sangat cocok dimakan pada musim hujan tiba.

  • Soto Banjar
soto banjar
soto banjar

Soto Banjar merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang berasal dari Kalimantan Selatan tepatnya di kota Banjarmasin. Menariknya, soto Banjar ini memiliki tampilan sekaligus cita rasa yang sangat berbeda dari soto lainnya di Indonesia. Dimana, saat pembuatannya soto Banjar ini, memilih ayam kampung sebagai bahan utama untuk menghasilkan cita rasa yang sangat khas. Semua bumbu yang digunakan pun juga sangat berbeda, yang mana untuk bumbu yang dihaluskan ada bawang putih, bawang merah, dan merica. Selain itu, untuk bumbu rempahnya ada kayu manis, pala, cengkeh, kayu manis, dan kapulaga. Untuk pelengkapnya sendiri, disajikan beberapa bahan seperti irisan telur rebus, mie soun, perkedel kentang, daun bawang, seledri, ayam suwir, dan lainnya.

  • Soto Mie Bogor
soto mie bogor
soto mie bogor

Soto Mie Bogor berasal dari dari kota Bogor yang dicampur dengan kikil, daging sapi, urat, risol, lobak rebus, tomat, kol, kentang, tomat, mie kuning, serta babat yang dipadukan dengan kuah yang sudah diberi bumbu. Untuk kuahnya sendiri, soto mie Bogor ini berwarna kemerahan yang muncul disebabkan adanya cabai merah yang dicampur di dalam bumbunya. Rasanya pun akan semakin pedas pada saat ditambahkan dengan campuran cabe rawit maupun cuka. Agar rasanya semakin nikmat, maka bisa ditambahkan dengan potongan jeruk limau dan emping melinjo.

  • Soto Gerabah
soto gerabah
soto gerabah

Apabila tengah berada di kota Solo Jawa Tengah, jangan lupa ya untuk menikmati enaknya soto gerabah yang dijual di berbagai restaurant maupun jajanan kaki lima kota Solo. Dinamakan sebagai soto Gerabah, dikarenakan soto ini disajikan di dalam sebuah mangkuk yang terbuat dari gerabah dan menggunakan sendok yang terbuat dari batok kelapa. Soto Gerabah sendiri dilengkapi dengan berbagai bahan, misalkan tahu goreng, tempe goreng, keripik paru, sate telur, bawang goreng, dan lainnya. Yang menarik, ketika kalian menikmati makanan tradisional yang satu ini, kalian akan disuguhkan dengan lantunan musik dagelan yang sangat merdu. Sehingga, akan menambah kenikmatan saat memakan soto Gerabah.

Nah, itulah beberapa soto khas Indonesia yang bisa dinikmati pada saat musim dingin atau hujan mengguyur negara Indonesia. Selamat menikmati –SH–