Home Asuransi

Salah Besar Jika Asuransi Jiwa dan Investasi Harus Dipisahkan

Jangan pisahkan asuransi jiwa dan investasi. Mengapa? Cari tahu jawabannya di artikel berikut, yuk!

118
0
SHARE

Asuransi jiwa dan investasi merupakan salah satu instrumen terbaik untuk berinvestasi sekaligus juga memberikan proteksi. Sebab, asuransi tersebut tidak hanya memberi perlindungan dengan manfaat Allianz Klaim saja, tetapi juga manfaat investasi. Meski banyak yang menganggap kedua instrumen ini harus dipisahkan dalam pembuatannya, tapi ternyata jika keduanya digabungkan keuntungannya bisa berlipat-lipat.

asuransi jiwa dan investasi
source : google

Seperti diketahui, pengelolaan proteksi dalam perencanaan keuangan keluarga bisa dikatakan sebagai bagian yang tidak bisa terpisahkan. Untuk sebuah keluarga, proteksi ini bisa diupayakan melalui pembelian polis asuransi. Jadi fungsi asuransi di sini adalah untuk memberikan perlindungan atas kerugian finansial apabila nantinya terjadi suatu resiko seperti halnya kematian atapun sakit.

Coba Anda bayangkan, ketika kepala rumah tangga tiba-tiba meninggal pada saat masih dalam usia produktif serta anak-anak pun masih bersekolah, secara otomatis keuangan keluarga tentu akan terancam lantaran hilangnya sumber penghasilan.

Bukan tidak mungkin, berbagai rencana keuangan yang sebelumnya sudah disusun secara rinci tiba-tiba menjadi berantakan karena meninggalnya kepala keluarga . Untuk mengantisipasi hal tersebut, banyak yang kemudian lebih memilih asuransi jiwa berbasis investasi.

Asuransi ini pada dasarnya merupakan produk proteksi. Dengan membeli polis asuransi ini, maka ahli waris bisa memperoleh klaim manfaat ketika tertanggung yang disebutkan di polis tiba-tiba meninggal dunia.

Asuransi berbasis invetasi ini bisa dikatakan sebagai perkawinan antara kedua produk keuangan, yakni asuransi jiwa berjangka ditambah produk investasi dana kelolaan. Tapi meskipun demikian, rata-rata produk utamanya tetaplah asuransi jiwa.

Allianz Syariah Tawarkan Produk Baru

Ada sudah banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi syariah. Akan tetapi, ada yang beda yang ditawarkan oleh Allianz Syariah. Namanya AlliSya Protection Plus.

Apa saja keuntungannya?

  1. Berbasis Syariah

Ini tidak hanya sekedar nama saja, ya. Di sini, sistem syariah benar-benar dijalankan contohnya saja akad hibah. Biasanya, uang yang Anda setorkan pada perusahaan asuransi dikelola langsung oleh perusahaan tersebut. Namun, jangan takut, uang ini masih tetap milik Anda bukan milik perusahaan asuransi. Nanti, setelah dikelola, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa santunan saat terkena musibah dan juga keuntungan dari hasil investasi.

  1. Investasi Syariah

Selain mendapatkan santunan, Anda juga mendapatkan keuntungan. Ada dana yang dikelola kemudian keuntungan dibagi antara Anda dan perusahaan dengan sistem bagi hasil. Ini artinya jika hasilnya banyak, Anda pun mendapatkan bagian yang banyak. Begitu pun sebaliknya. Ini yang sangat membedakan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional di mana keuntungan 100% milik perusahaan.

  1. Pilihan Dana Investasi

Ada fix fund dan balanced fund. Anda bisa bebas pilih yang mana. Terlepas dari pilihan tersebut, semuanya dijalankan secara syariah. Dana tidak akan digunakan untuk dilipatkan gandakan (riba), investasi di barang yang haram, ataupun gharar.

Dengan pilihan dana investasi ini, Anda sudah tahu apa yang akan Anda dapatkan dan berapa kewajiban yang harus Anda penuhi.

Mengapa Pilih Asuransi Syariah?

Anda pasti punya alasan sendiri mengapa pilih asuransi syariah. Akan tetapi, kebanyakan orang yang mengambil polis asuransi dari Allianz Syariah ini memiliki satu alasan. Mereka ingin menjalankan muammalah sesuai dengan syariat Islam. Apapun itu, mereka tidak ingin rugi di dunia dan juga di akhirat lantaran melakukan hal yang dilarang oleh agama.