Home Tips & Trick

Reksa Dana dan Unit Link, Samakah?

Reksa dana dan unit link ternyata memiliki perbedaan, apa sajakah? Yuks, langsung disimak pembahasannya disini!

38
0
SHARE

Selain penting mengetahui cara investasi reksa dana, Anda juga penting mengetahui apakah reksa dana dan unit link itu memiliki kesamaan. Sebab sama halnya seperti reksa dana dan saham yang memiliki perbedaan, reksa dana dan unit link juga demikian. Memang, kedua bidang ini memiliki banyak sekali perbedaan, akan tetapi masih tetap sama-sama digunakan untuk tempat menginvestasikan dana keuangan dan menabung untuk masa depan.

investasi reksa dana dan unit link
source : bisnisliputan6

Lantas, apa sih perbedaan diantara kedua bidang investasi ini? Yuks, kita cari tahu pembahasannya di bawah ini!

  1. Perbedaan Reksa Dana dan unit link.

Kali ini kita akan membahas perbedaan yang diberikan oleh kedua instrumen investasi ini, diantaranya:

  • Saat menginvestasikan dana di bidang reksa dana ini, maka Anda tidak akan pernah diberi patokan berapa jumlah investasi yang harus dibayar setiap bulannya. Semua tergantung pada Anda, mau membayar investasi sebesar Rp 100.000 atau Rp 1.000.000 setiap bulannya. Berbeda dengan unit link, disini Anda diwajibkan untuk membayar investasi sesuai dengan yang tertera di dalam premi dan kesepakatan awal pembuatan unit link ini. Misalnya, Rp 300.000 perbulannya.
  • Ketika hendak memiliki investasi, reksa dana tidak akan mematok harga jual maupun membeli investasi. Akan tetapi, beda dengan unit link, jika Anda berniat untuk menjual maupun membeli investasi di unit link ini, maka Anda akan dikenakan biaya sekitar 5% dari harga beli maupun jual.
  • Manager investasi pada unit link tidak akan pernah diganti hingga pembayaran investasi Anda lunas. Sangat berbeda dengan reksa dana, manager investasi ini bisa Anda pilih secara acak sesuai dengan keinginan Anda.
  • Jika Anda menginvestasikan dana di unit link, maka Anda baru bisa melihat dana investasi setelah dua tahun tabungan. Namun, tidak demikian dengan reksa dana, di awal pembuatan investasi ini Anda pun sudah diperbolehkan untuk mengecek jumlah investasi yang Anda miliki.
  1. Persamaan Reksa Dana dan Unit Link.

Meskipun memiliki perbedaan, ternyata kedua bidang ini masih memiliki beberapa kesamaan, berikut ini diantaranya:

  • Dana investasi dikelola oleh pihak manager investasi. Baik itu reksa dana maupun unit link, penginvestasian dana investasi sendiri dipegang langsung oleh manager investasi. Dari manager investasi inilah nantinya akan menyebar dana dalam bentuk deposito atau investasi.
  • Memiliki tingkat risiko yang hampir sama. Dijadikan sebagai tempat untuk berinvestasi, baik unit link ataupun reksa dana memiliki tingkat risiko investasi yang sama. Misalnya, jika reksa dana menawarkan return tinggi, maka risiko yang harus ditanggung oleh penginvestor juga cukup tinggi.

Itulah perbedaan yang diberikan oleh investasi reksa dana dan unit link. Semoga memberikan banyak manfaat untuk Anda. –SH–

LEAVE A REPLY