Home Mobil

Lakukan Ini Saat Rem Mobil Blong!

Rem mobil Anda blong secara tiba-tiba? Coba lakukan beberapa cara di bawah ini!

37
0
SHARE

Selain mewaspadai penyebab mobil turun mesin, ada satu hal lagi yang harus Anda waspadai, yaitu rem mobil blong. Sayangnya, meski sudah menggunakan oli mobil terbaik untuk mesin kendaraan, rem mobil blong secara mendadak ketika dikendarai terkadang tidak dapat dihindari. Rem blong sendiri merupakan disfungsi rem yang bisa mengakibatkan sistem pengereman tidak berfungsi dengan baik sehingga sangat berisiko menyebabkan kecelakaan saat berkendara.

rem mobil blong
source : tribunnews

Untuk itu, apabila Anda dihadapkan dengan masalah rem mobil blong secara tiba-tiba, maka lakukanlah beberapa hal penting ini. Apa sajakah? Yuk, langsung disimak pembahasannya disini! (source: oto.detik.com)

  1. Turunkan gigi secara perlahan. Saat Anda mengetahui jika rem mobil blong, segera turunkan gigi kendaraaan secara perlahan. Pada saat menurunkan gigi ini memang ada kemungkinan meningkatkan putaran RPM, namun jika Anda melakukannya secara perlahan maka tidak akan menimbulkan masalah yang berarti untuk Anda. Dipercaya, teknik ini sangat membantu Anda saat terjadi rem blong karena bisa mematikan sistem pengereman mesin kendaraan sehingga bisa mengatasi kecelakaan.
  2. Gunakan rem tangan. Setelah menurunkan gigi, barulah kemudian Anda menggunakan rem tangan. Kenapa rem tangan digunakan ketika Anda sudah turunkan gigi? Hal ini penting karena bisa menghindari terjadinya ban mobil slip dan mobil terbalik saat Anda menggunakan rem tangan. Oleh sebab itu, sebelum menarik rem tangan baiknya turunkan dulu gigi kendaraan agar bisa menghentikan kecepatan kendaraan.
  3. Jangan pernah mematikan mesin kendaraan. Jangan keburu mematikan mesin kendaraan ketika rem mobil blong, karena ini bisa mengakibatkan Anda tidak bisa menghentikan kecepatan laju mobil dan ujung-ujungnya malah berisiko meningkatkan kecelakaan. Nah, apabila Anda berkendara di bagian tengah, maka segeralah untuk menepi kemudian lakukan teknik yang sudah dituliskan sebelumnya.
  4. Tidak menginjak pedal gas. Jika terjadi rem blong, sebaiknya jauhkan kaki Anda dari pedal gas. Sebab kondisi ini malah yang semakin meningkatkan risiko kecelakaan karena Anda berkendara dalam laju sangat cepat dan tidak terkendali.
  5. Benturkan kendaraan. Apabila teknik di atas sudah dilakukan, namun kendaraan masih tetap tidak bisa dimatikan. Maka, usaha terakhir yang bisa Anda coba adalah membenturkan kendaraan ke sesuatu yang lunak seperti area berlumpur. Akan tetapi, jika tidak ada, langkah terakhirnya menabrakkan mobil ke pagar kayu, pasir, dan sebagainya. Namun, ingat, ketika membenturkan kendaraan ini Anda harus selalu berhati-hati!

Itulah beberapa hal yang bisa Anda coba jika mengalami rem mobil blong saat berkendara. Semoga membantu, ya! –SH–

LEAVE A REPLY