Home Kesehatan

Sehat dengan Rutin Konsumsi Daun Jambu Biji

Ternyata, daun jambu biji memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini!

31
0
SHARE

Kamu pasti kenal betul dengan jambu biji, kan? Yap, buah-buahan berwarna pink ini kerapkali dijadikan sebagai jus untuk penghilang dahaga. Atau dijadikan sebagai buah untuk penambah energi karena mengandung antioksidan sangat tinggi, sama halnya dengan ekstrak temulawak. Meskipun begitu, tahukah kamu, jika daun dari jambu biji ini ternyata memiliki manfaat yang sangat bagus untuk tubuh? Sebab kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin C, lemak baik, protein, asam folat, dan sebagainya.

khasiat daun jambu biji
source: okezone

Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu akan kebenaran ini, akan tetapi untuk yang belum tahu langsung saja disimak pembahasannya di bawah ini. Check it out!

  1. Kulit wajah menjadi lebih cerah. Ingin mencerahkan kulit wajah? Maka, sekarang kamu bisa membuat masker dari daun jambu biji. Bisakah kulit wajah cerah dengan daun jambu biji? Tentu jawabannya bisa, sebab daun ini mengandung vitamin C cukup tinggi, sehingga kandungan ini mampu membantu mencerahkan kulit.

Lantas, bagaimana cara membuat masker dari daun jambu biji ini? Pertama, kamu harus menyiapkan sekitar 15 helai daun jambu biji, satu sendok makan madu, dua sendok makan minyak zaitun, dan tepung beras ketan. Cara membuatnya cukup mudah, kamu tinggal menghaluskan daun jambu biji kemudian tambahkan dengan madu, minyak zaitun, dan beras ketan. Aduk semua bahan sampai rata, setelah itu kamu bisa mengoleskannya ke wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

  1. Mengobati diare atau disentri. Saat diare, kamu pasti pernah disuruh untuk meminum air rebusan daun jambu biji. Nah, tahukah kamu, jika daun biji yang kaya akan kandungan magnesium ini ternyata mampu mengobati diare atau disentri yang menyerang tubuh akibat dari salah mengonsumsi makanan.

Lalu, gimana cara membuat air rebusannya? Kamu tinggal mengambil beberapa helai daun jambu biji, kemudian cuci sampai bersih dan masak dengan dua gelas air. Akan tetapi, baiknya jangan terlalu lama merebus airnya karena akan mengurangi khasiat yang diberikan. Selain meminum air rebusan, kamu juga bisa memakan langsung daun jambu biji ini dan ketika mengonsumsi tambahkan sedikit garam.

Tidak hanya manfaat di atas, daun jambu biji juga bermanfaat untuk beberapa hal ini:

  1. Menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh
  2. Mengobati demam berdarah
  3. Menyembuhkan infeksi yang berasal dari luka luar
  4. Mengobati sariawan di dalam mulut
  5. Menyembuhkan sakit maag
  6. Dan sebagainya.

Itulah beberapa manfaat yang diberikan oleh daun jambu biji untuk kesehatan. Semoga bermanfaat! –SH–

LEAVE A REPLY