Home Rumah

Pipa PVC Sering Dimanfaatkan untuk Saluran Air Ini

Ini, saluran air yang sering dipasangkan pipa PVC!

204
0
SHARE

Siapa yang tidak kenal dengan pipa PVC? Salah satu jenis pipa yang seringkali digunakan untuk pipa penyambung air baik kotor maupun bersih di rumah ataupun gedung. Dengan harga pipa yang tidak terlalu mahal sekaligus dilengkapi dengan kualitas yang cukup bagus, maka tidak heran bila banyak masyarakat yang memilih pipa PVC untuk saluran air. Selain itu, karena memiliki sifat yang tahan lama, sehingga saat pemasangannya pun pipa PVC ini tidak akan cepat rusak maupun keropos.

harga pipa PVC
source : Google

Nah, dijadikan sebagai sarana untuk mengalirkan air pembuangan, biasanya pipa PVC ini pun seringkali digunakan untuk berbagai macam saluran air. Saluran apa sajakah itu? Adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini;

  1. Saluran air bersih. Menjadi pipa yang memang dimanfaatkan untuk sarana mengalirkan air, pipa PVC ini acapkali digunakan untuk saluran air bersih yang dijadikan sebagai sarana untuk mandi maupun minum oleh masyarakat. Namun, dalam pemasangannya, jenis pipa yang sering dimanfaatkan untuk saluran air bersih ini, yakni pipa PVC dan pipa besi. Akan tetapi, yang paling umum digunakan adalah yang terbuat dari polyvinyl chloride alias PVC karena jauh lebih murah. Selain murah, dipakainya pipa PVC untuk saluran air ini pun lantaran menggunakan pipa ini mampu memberikan tekanan air yang lebih merata sekaligus bertekanan kuat.
  2. Saluran air kotor. Tidak hanya untuk saluran air bersih, beberapa tipe pipa PVC juga dipakai untuk saluran air kotor yang biasanya berasal dari sisa pembuangan wastafel maupun sisa sabun cuci piring dan pakaian. Biasanya, untuk saluran air kotor ini, jenis pipa PVC yang digunakan berdiameter lebih besar dibandingkan dengan saluran untuk air bersih. Hal ini bertujuan untuk menghindari supaya benda yang tidak bisa larut di air tidak membuat saluran  mampet.
  3. Saluran WC. Selain saluran air kotor, pipa PVC ini juga sering dimanfaatkan sebagai saluran WC yang berasal dari kotoran ataupun sisa sabun mandi manusia. Hampir mirip dengan saluran air kotor, pipa PVC yang digunakan pun memiliki diameter yang lebih besar. Sebab, jika memakai pipa berdiameter kecil, terkadang malah cepat mampet atau tersumbat. Sehingga, jika pipa sudah mampet, tentu proses perbaikannya terbilang cukup lama.
  4. Saluran air hujan. Pipa PVC ini pun acapkali digunakan untuk saluran air hujan yang berada di luar rumah. Dipakainya pipa ini untuk saluran air hujan bertujuan supaya air hujan yang datang dari atap rumah bisa langsung mengalir ke tempat pembuangan, sehingga tidak akan membuat air hujan menumpuk di depan maupun belakang rumah.

Itulah beberapa saluran yang sering dipakaikan pipa PVC. Semoga bermanfaat! –SH–