Home Properti

Mendingan Mana, Investasi Ruko atau Apartemen?

Sebelum berinvestasi, kenali dulu beberapa perbedaan investasi ruko dan apartemen!

150
0
SHARE

Dengan semakin banyaknya keuntungan yang didapatkan saat berinvestasi properti, maka tidak heran bila banyak masyarakat Indonesia yang ikut andil terjun mengivestasikan dana mereka ke bidang investasi properti ini, misalkan saja menyewakan available apartment in Jakarta. Tidak hanya bangunan apartemen, namun masyarakat pun kini mulai melirik untuk berinvestasi ke bentuk ruko yang sudah sangat jelas memberikan banyak keuntungan untuk investor.

available apartment in Jakarta
source : rumah.com

Kendati demikian, namun kedua bidang properti ini, tentu memiliki banyak perbedaan yang mungkin saja belum diketahui oleh penginvestasi. Untuk itu, supaya nantinya tidak salah dalam penginvestasian dana, maka sebaiknya ketahui dulu perbedaannya di bawah ini. yaitu diantaranya;

  • Ruko. Ruko merupakan sebuah bangunan yang memiliki beberapa tingkatan, biasanya terdiri dari dua sampai dengan lima tingkatan yang mana bagian bawahnya digunakan untuk toko menjual berbagai usaha sekaligus bagian atasnya dimanfaatkan untuk tempat tinggal penghuni. Bangunan satu ini pun kini sudah banyak dijadikan sebagai tempat untuk berinvestasi oleh para investor, lantaran memang memberikan banyak kelebihan untuk penginvestornya.

Dimana, menginvestasikan dana di bidang properti ruko ini, maka investor pun akan mendapatkan keuntungan lebih cepat dibandingkan yang lain karena penyewaan ruko yang terhitung cukup cepat hanya dua sampai dengan tiga tahun. Selain itu, permintaan ruko cukup tinggi, terutama untuk ruko yang terletak di pusat bisnis, hiburan, maupun perdagangan. Meskipun demikian, namun berinvestasi dana di bidang ini juga memiliki beberapa kekurangan, yang mana cukup rentan dengan krisis ekonomi. Apabila terjadi krisis ekonomi, biasanya permintaan ruko ini pun akan berkurang pula. Sekaligus, jika ruko ini dibangun di tempat yang jauh dari pusat kota, ruko pun tidak akan dilirik oleh penyewa.

  • Apartemen. Berbeda dengan ruko, apartemen sendiri merupakan sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tempat menetap oleh penghuni, baik yang menyewa ataupun membeli salah satu kamar apartemen. Memang, menginvestasikan dana di bidang apartemen ini memberikan keuntungan yang tidak sedikit untuk para investor, yang mana ketika terjadi nilai susut apartemen tetapi bangunan satu ini pun masih bisa dijual kembali kepada pembeli maupun disewakan lantaran terletak di tempat strategis. Dan bagi kamu yang tidak mau beli namun hanya ingin nyewa apartemen, pastikan tanyakan berbagai hal terutama soal peraturan tinggal di apartemen tersebut, biaya maintenance dan fasilitas yang ditawarkan.

Selain itu, apartemen juga memiliki banyak ruangan kamar yang bisa dijual, sehingga akan menambah jumlah pendapatan untuk para investornya. Sedangkan untuk kekurangannya, apartemen yang dibangun tidak di wilayah yang mudah dijangkau, biasanya tidak dilirik oleh penyewa maupun pembeli, pembuatan awalnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Itu sedikit ulasan mengenai beberapa perbedaan penginvestasian dana di bidang apartemen ataupun ruko. Semoga bermanfaat! –SH–